Dirjen Hubdar Temukan Bus Berkaca Depan Retak di Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 09 Jun 2017 15:30 WIB
mudik lebaran 2017
Dirjen Hubdar Temukan Bus Berkaca Depan Retak di Cirebon
Bus Sahabat dengan kaca depan retak. (Metrotvnews.com/Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar menemukan bus dengan kaca depan retak saat inspeksi persiapan angkutan lebaran di Terminal Harjamukti Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 9 Juni 2017.

Bus dengan kaca depan retak itu ditemukan usai Pudji melepas salah satu bus untuk berangkat ke Surabaya. Beberapa saat kemudian, muncul bus Sahabat jurusan Cirebon-Merak.

Bus itu hendak melakukan perjalanan. Namun, tidak melalui terminal. Melihat itu, Pudji meminta bus dengan nomor polisi E 7989 KA itu untuk masuk terminal.

"Mana busnya, jangan berangkat dulu. Dicek dulu," kata Pudji.

Saat itulah, Pudji mengetahui bus mengalami retak kaca depan sepanjang 60 cm. Pudji bukan meminta bus balik ke garasi. Dia memerintahkan jajarannya untuk memeriksa kelaikan bus tersebut.

“Harus diperiksa dulu. Saya tunggu, saya mau tahu langkah apa yang akan dilakukan,” ujar Pudji.

Pudji kembali berang saat petugas peneguji tidak mengetahui lokasi nomor rangka bus tersebut. Menurutnya, penguji seharusnya sudah hafal lokasi nomor rangka kendaraan dengan jenis perusahaan yang berbeda.

Ia juga meminta kepada petugas, untuk tidak mengizinkan bus tersebut beroperasi, sebelum dilakukan pergantian kaca depannya.

“Akan saya pantau. Mobil ini apakah kembali beroperasi atau diganti kacanya dulu,” kata Pudji.

Setelah dilakukan pemeriksaan, bus hanya mengalami masalah di kaca depannya. Sejumlah penumpang yang hendak berangkat menuju Merak dicarikan bus pengganti.


(SAN)