Mantan Wali Kota Cimahi Disidang

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 19 Apr 2017 17:31 WIB
korupsi
Mantan Wali Kota Cimahi Disidang
Mantan Wali Kota Cimahi dan suaminya menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Bandung, MTVN - Octavianus

Metrotvnews.com, Bandung: Mantan Wali Kota Cimahi Atty Suharti menjalani sidang perdana di Gedung Pengadilan Negeri Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 19 April 2017. Atty disidang sebagai terdakwa kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Atas Cimahi.

Atty datang dengan mengenakan pakaian berlengan panjang dan kerudung hitam. Ia duduk di kursi terdakwa mendengarkan dakwaan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mungki Hadi Pratikto mengatakan Atty menerima uang komitmen dari proyek tersebut secara bertahap. Penerimaan uang dilakukan selama setahun mulai Desember 2015.

Dakwaan menyebutkan terdakwa menerima uang Rp2,4 miliar plus Rp500 juta dari pengusaha Hendriza Soleh dan Triswara Dhanu Brata. Terdakwa juga mendapat honor sebesar Rp1,5 miliar. Hendriza dan Triswara merupakan terdakwa yang menyuap Atty bersama suaminya, Itoch Tochija.

"Yang sudah diterima oleh terdakwa (Atty - Itoch), total uang suapnya Rp3,9 miliar, yang belum diterima Rp500 juta," ungkap ungkap Jaksa Mungki.

Selain Atty, suaminya juga menjalani sidang perdana sebagai terdakwa atas kasus yang sama. Pasangan suami istri itu dijerat Pasal 12 huruf a Undang Undang Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP juncto pasal 64 ayat 1 KUHPidana, sebagaimana diatur dalam dakwaan kesatu. Juga pasal 11  UU Tipikor jo pasal 55 ayar 1 ke 1 kuhp jo pasal 64 ayat 1 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Persidangan ditunda dan akan dimulai kembali pada Rabu 26 April 2017. Agendanya yaitu pemeriksaan saksi.

Kasus terungkap pada awal Desember 2016. KPK menggeledah rumah Atty di Kecamatan Sukasari, Kota Bandung. Penyidik membawa sejumlah berkas dari kediaman Atty. Sementara Atty dan suaminya ditahan KPK. 

Lihat video:




(RRN)