Kuliner Masih Menjadi Industri Unggulan di Bandung

Roni Kurniawan    •    Selasa, 08 Aug 2017 16:53 WIB
kota bandungkerja bersama
Kuliner Masih Menjadi Industri Unggulan di Bandung
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Priana Wirasaputra -- MI

Metrotvnews.com, Bandung: Kuliner masih menjadi industri kreatif favorit di Kota Bandung untuk menarik wistawan. Berbagai produk kuliner, mulai dari makanan ringan hingga berat akan memanjakan wistawan yang hinggap di Ibu Kota Provinsi Jawa Barat tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bandung Priana Wirasaputra mengatakan, kehadiran berbagai produk kuliner, seperti batagor kering dan keripik, adalah buah pendidikan dan pelatihan yang telah dilakukan.

"Kalau datang ke Bandung kan pasti yang diingat itu kuliner. Dari situ banyak peminatnya (bidang kulinter) setiap mengadakan pelatihan," kata Priana di Bandung, Selasa 8 Agustus 2017.

(Baca: Tahun Ini, Kota Bandung Targetkan 1.000 Wirausaha Baru)

Menurut Priana, tidak mudah memasarkan berbagai produk kuliner tersebut. Pihaknya pun menggandeng perguruan tinggi saat memberikan pelatihan kepada wirausaha baru tersebut, termasuk cara mengemas.

"Tentu tidak hanya asal produk. Meski pun misalnya makanannya enak, tapi kemasannnya biasa saja, itu enggak akan dilirik," kata dia.

Selain memberikan pendidikan dan pelatihan, lanjut Priana, pihaknya ikut mendampingi para pelaku wirausaha baru tersebut. Termasuk melakukan pemasaran berbagai produk, terutama kuliner.

"Kalau barangnya sudah siap, tapi tempat untuk menjualnya tidak ada, kan bingung juga. Jadi, kita juga bantu untuk pemasaran. Kita buka keran dengan dikenalkannya beberapa tempat usaha supaya mereka mudah juga," pungkas Priana.


(NIN)