Pascarusuh, Lapas Jelekong Tingkatkan Penjagaan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 24 Aug 2017 18:22 WIB
kerusuhan penjara
Pascarusuh, Lapas Jelekong Tingkatkan Penjagaan
Ilustrasi -- (REUTERS)

Metrotvnews.com, Bandung: Lembaga Pemasyarakatan Narkoba Kelas 2 A Jelekong Kabupaten Bandung, meningkatkan penjagaan pascakerusuhan, Rabu 23 Agustus 2017.

Kepala Lapas Jelekong Suprapto menegaskan, para petugas akan lebih teliti dalam melakukan pemantauan mulai dari besuk para narapidana hingga ke pengawasan narapidana di dalam kamar Lapas.

"Upaya kedepannya, setelah kejadian kemarin selesai apel pagi seluruh petugas turun ke blok (kamar napi) sampai ke WC," ucap Suprapto, di Lapas Jelekong Kabupaten Bandung Kamis 24 Agustus 2017.

Selain itu, pihaknya akan mensterilkan bangunan-bangunan yang tidak diperlukan, seperti branggang yaitu bangunan di lorong Lapas sebagai pembantas blok napi akan segera dirapikan. Hal itu lantaran adanya kekhawatiran petugas, bahwa tempat itu bisa digunakan untuk tahanan kabur.

"Branggang ini kan awalnya digunakan untuk kandang bebek, jadi kita akan sterilkan," bebernya.

Baca: Kerusuhan Lapas Bandung Dipicu Seorang Napi yang Mabuk

Sementara itu untuk menjamin kondusifitas pascakeributan di dalam Lapas, Kapolsek Baleendah Kompol Supriyono mengatakan pihaknya telah menyiapkan pengamanan sebanyak 2 peleton Sabhara.

"Kita akan kontrol terus, pagi, sore dan malam dengan menyiagakan pasukan ini untuk mengantisipasi kejadian seperti kemarin," pungkasnya.

Sebelumnya, kericuhan sempat terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, di dalam Lapas Jelekong Kabupaten Bandung seorang narapidana berinisial DD mengamuk sambil mengacungkan - acungkan pisau yang diambilnya dari dalam dapur Lapas ke arah petugas. 

Situasi sempat memanas karena saat kejadian, seorang napi berinisial H yang hendak melerai akhirnya harus terlibat cekcok dengan DD, hingga memprovokasi napi lain.

DD kini telah diamankan petugas dan dipindahkan ke Lapas Cirebon, sedangkan H dipindahkan ke Lapas Subang.


(ALB)