Keluh Kesah Warga Penghuni Rusunawa Sadang Serang Bandung

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 23 Aug 2017 17:37 WIB
relokasi pemukiman
Keluh Kesah Warga Penghuni Rusunawa Sadang Serang Bandung
Dua anak bermain di area tengah Rusunawa Sadang Serang Bandung, MTVN - Octavianus

Metrotvnews.com, Bandung: Hendra Permana, 38, ingin memiliki rumah untuk ia dan keluarganya tinggal. Sebab saat ini, ia mengaku tak nyaman tinggal di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Sadang Serang, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sebelumnya Hendra tinggal di sebuah rumah petak di sekitar Sungai Cikapundung. Pada 2016, ia pindah ke Rusunawa yang berlokasi sekitar 5 Km dari Cikapundung.

Baca: Rusunawa Sadang Serang, Lain Dulu Lain Sekarang

Ia mengikuti program pemerintah untuk pindah ke Rusunawa. Ia membawa serta istri dan anaknya. Alasannya, ia ingin memiliki kehidupan yang lebih baik.

Selama menyewa unit berukuran luas 20 meter persegi. Ia menempati unit yang terdiri dari satu kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar mandi, dan teras belakang.

Semasa masih tinggal di sekitar Cikapundung, Hendra bekerja sebagai montir. Ia memiliki bengkel sepeda motor.

"Tapi di sini saya enggak punya. Pelanggan juga pada kabur. Saya pernah menginformasikan pelanggan saya buka bengkel di sini. Tapi ya masalahnya jauh," ungkap Hendra saat ditemui di Rusunawa Sadang Serang, Kota Bandung, Rabu 23 Agustus 2017.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Hendra masih bekerja sebagai montir. Ia menggunakan uang itu untuk kebutuhan dapur, pendidikan anak, hingga membayar listrik dan air.

Hendra mengaku merasa berat bila harus membayar listrik dan air. "Dulu tinggal di Babakan Siliwangi (sekitar Cikapundung), air tinggal ambil. Sekarang bayar," lanjut Hendra.

Hendra mengaku ia bersama beberapa warga mengajukan pindah ke sebuah lokasi di Cimahi. Mereka meminta bantuan pemerintah untuk membeli sebidang tanah. Namun, ujar Hendra, pengajuan itu belum mendapatkan jawaban.


(RRN)