Sekolah 5 Hari

Masih Banyak Sekolah di Bandung Belajar Dua Shift

Roni Kurniawan    •    Jumat, 16 Jun 2017 10:12 WIB
pendidikan
Masih Banyak Sekolah di Bandung Belajar Dua Shift
Kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung, MTVN - Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Baru 60 persen sekolah di Kota Bandung, Jawa Barat, dapat menerapkan kebijakan belajar delapan jam alias sekolah lima hari. Sisanya masih terkendala infrastruktur untuk menjalankan kebijakan tersebut.

Dinas Pendidikan mendata Kota Bandung memiliki 889 SD/MI dan 230 SMP. Sekolah-sekolah tersebut berstatus negeri dan swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan masih banyak sekolah yang menerapkan belajar bergiliran arau dia shift. Bahkan di tingkat SD, masih banyak yang melakukan penggabungan dari beberapa sekolah dan rombongan belajar.

"Saat ini masih sedang penataan, khususnya tingkat SD. Dulunya memang satu sekolah ideal. Tapi sekarang menjadi tidak ideal," kata Elih di Kota Bandung, Jumat 16 Juni 2017.

Elih meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melakukan kebijakan tersebut secara bertahap. Sehingga semua sekolah dapat bersiap.

Di beberapa sekolah, lanjut Elih, masih memberlakukan jam belajar dua shift. Sebab sekolah tak memiliki banyak ruang.

"Artinya kalau harus lima hari dan delapan jam per hari berarti harus sekolah-sekolah yang satu shif kalau yang dua shift cukup sulit juga termasuk kelasnya," tutur dia.

Elih menilai penerapan program harus melibatkan orang tua. Sebab banyak kegiatan ekstra yang harus diputuskan bersama orang tua.

"Seperti mengaji dan pesantren, tentu kami pun tidak bisa memaksakan mereka," lanjutnya.


(RRN)