Ridwan Kamil: PKB Nawarin Wakil

Roni Kurniawan    •    Senin, 28 Aug 2017 12:24 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil: PKB <i>Nawarin</i> Wakil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terus berkomunikasi ke sejumlah partai politik guna menggalang dukungan maju ke Pilgub Jawa Barat 2018. Orang nomor satu di Kota Bandung ini mengklaim PKB semakin dekat mendukung dirinya di pesta demokrasi tanah Pasundan tersebut. 

"Dukungan dari PKB semakin menguat," cetus Ridwan Kamil saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin, 28 Agustus 2017.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku, sama seperti parpol lainnya, PKB pun menyodorkan beberapa nama untuk menjadi calon wakil gubernur sebagai pendamping. Salah satunya Ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda yang disiapkan untuk menjadi cawagub.

Baca: Ridwan Kamil Sudah 50 Kali Komunikasi dengan Parpol

"Semua (parpol) yang saya komunikasi nawarin wakil. Termasuk PKB ada nama Pak Huda," lanjut Emil.

Emil mengaku saat ini tidak bisa memutuskan terkait nama untuk pendampingnya di Pilgub Jabar. Terlebih hingga kini bari Partai NasDem yang berkomitmen mendukung Emil secara tertulis.

"Jadi dalam dinamika politik mah namanya orang belum bermusyawarah tentulah kalau ada nama-nama yang muncul dia pasti mendahulukan dari pihaknya (masing-masing parpol)," ujar dia.

Disinggung mengenai PAN, Emil mengaku hingga kini belum mendapat laporan termasuk kesanggupan Wali Kota Bogor Bima Arya untuk menjadi cawagub. Namun Emil berharap dukungan dari PAN pun bisa mengalir meskipun Bima Arya memilih untuk bertahan di Bogor.

"Sekarang ada PAN mau mengajukan kang Bima, yang lain juga belum tentu mau. Apapun hasilnya, saya terima," pungkasnya.

Sekadar informasi, total kursi di DPRD Jabar berjumlah 100 kursi. Komposisinya, PDIP (20 kursi), Golkar (17), Demokrat (12), PKS (12), Gerindra (11), PPP (9), PKB (7), NasDem (5), PAN (4), dan Hanura (3).

Beberapa partai besar telah membentuk koalisi. Gerindra dan PKS sepakat bersatu untuk mengusung calon sendiri. Koalisi ini memunculkan nama Deddy Mizwar dan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu. 

Sementara, PDIP-Golkar juga telah mantap koalisi. Namun, belum ada calon kuat yang dimunculkan dalam koalisi ini. Sementara, Ridwan Kamil sejauh ini baru didukung oleh Partai NasDem.




(SAN)