Polda Jabar Sarankan Panitia tak Jual Tiket ke Jakmania

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 20 Jul 2017 15:22 WIB
liga 1 indonesia 2017
Polda Jabar Sarankan Panitia tak Jual Tiket ke Jakmania
Suporter klub Persija Jakarta Jakmania saat pertandingan lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014 antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di SUGBK. (Media Indonesia/Immanuel Antonius)

Metrotvnews.com, Bandung: Persib Bandung akan kembali duel dengan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Sabtu 22 Juli 2017. Kepolisian akan mengawal ketat laga klasik yang sarat dengan konflik suporter tersebut.

Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo mengatakan bakal menurunkan 2.226 personel. Terdiri dari 130 personel dari TNI, 826 dari Polda Jabar, 965 dari Polrestabes Bandung, dan 305 dari instansi lain.

"Pengawalan ketat kita lakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya pertandingan," ungkap Hendro, usai rapat pengamanan pertandingan Persija Vs Persib di Mapolda Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Kamis 20 Juli 2017.

Hendro menjelaskan, pengamanan dibagi menjadi empat ring. Yaitu di dalam stadion, pintu masuk stadion, akses masuk stadion dan jalan raya.

"Pengecekan ke lapangan sudah dilakukan pada Kamis lalu, kita juga membuat tujuh Pospam selama laga berlangsung," katanya.

Karo Ops Polda Jabar, Kombes Leonidas Braksan melarang suporter Persija hadir ke pertandingan. Dia juga menyarankan agar panitia tidak menjual tiket kepada Jakmania, julukan pendukung tim Ibu Kota Negara itu.

"Kami memberikan saran juga, untuk tidak menjual tiket ke suporter Jak Mania. Secara kondusifitas, tidak akan nyaman bila (Jak Mania) hadir di Bandung," katanya. 

Pelarangan The Jak Mania datang ke stadion, menurut Leonidas sudah berdasarkan hasil evaluasi dari pertandingan tahun lalu. "Analisa intelijen di lapangan sampai saat ini untuk pertemuan kedua kubu menimbulkan kerawanan," katanya.

Laga Persib kontra Persija adalah lanjutan kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1. Ajang yang diikuti 18 tim itu, Persija menduduki peringkat tujuh dan Persib di urutan 13 klasmen sementara.


(SAN)