BBPOM Jabar Pastikan PCC Diproduksi Pabrik Ilegal

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 16 Sep 2017 11:41 WIB
obat berbahaya
BBPOM Jabar Pastikan PCC Diproduksi Pabrik Ilegal
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Bandung: Obat Paracetamol Caffeine Carisoprodol (PCC) sempat legal diproduksi dan dikonsumsi. Namun, akhirnya PCC dinyatakan sebagai obat ilegal karena dianggap berbahaya.

Kepala BBPOM Jawa Barat Abdul Rohim menyebut zat Carisoprodol telah ilegal diproduksi tahun 2013.

"Jadi dapat dipastikan seperti obat PCC, Carnophen, Xomadel itu dibuat oleh pabrik ilegal," ucap Abdul saat ditemui Metrotvnews.com, di Kantor BBPOM Jalan Pasteur Kota Bandung, Jumat 15 September 2017.

Abdul menerangkan, PCC termasuk obat keras yang dilarang sehingga tidak mungkin diperjualbelikan di apotek. Namun, pihaknya tetap melakukan sweeping ke setiap apotek maupun toko obat untuk mengantisipasi.

"Sampai saat ini, Kami dan BNN juga kepolisian berkoordinasi dan hasilnya belum ada temuan soal obat PCC di Jabar dan kita berharap jangan sampai ada," paparnya.

Selanjutnya Abdul menegaskan, pihaknya juga tetap melakukan pengawasan terhadap tempat pembuatan obat-obat ilegal, meskipun diakuinya sulit pasalnya secara kasat mata para pelaku memproduksi dengan sembunyi-sembunyi.

Oleh sebab itu, peran serta dari masyarakat sangat diperlukan apabila ada hal-hal yang mencurigakan terkait penyalahgunaan obat-obatan tentunya bisa langsung melapor.

"Untuk pabrik obat ilegal, kita tentunya butuh laporan dari masyarakat, kalau kita sendiri agak sulit karena mereka tersembunyi," pungkasnya.


(SUR)