Warga Bogor Heboh Temuan Benda Diduga Bom

   •    Sabtu, 24 Jun 2017 10:37 WIB
benda mencurigakan
Warga Bogor Heboh Temuan Benda Diduga Bom
Ilustrasi. Foto: MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Bogor: Warga Kabupaten Bogor, Jawa Barat, heboh dengan temuan tas diduga berisi bom di Jalan Raya Dramaga, tak jauh dari kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), pagi tadi. Tas tersebut diletakkan seseorang yang lantas pergi.

Warga yang melihat kemudian melaporkannya ke kantor polisi setempat. Berselang 30 menit, tim penjinak bom dari Brimob mengevakuasi tas. Lalu lintas kendaraan di sekitar TKP sempat dialihkan ke arah kampus IPB.

Kepala Biro Humas IPB Yatri Indah Kusumastuti membenarkan adanya dugaan bom. Menurutnya, akses kampus terpaksa dibuka untuk mengalihkan kendaraan karena ada sterilisasi.

"Saat ini kampus dalam kondisi libur, karena kosong jadi kami meningkatkan keamanan dan kesiagaan," kata Yatri, seperti dilansir Antara, Sabtu 24 Juni 2017.

Atas temuan benda mencurigakan itu, IPB meningkatkan pengamanan. Yatri mengatakan informasi adanya tas diduga bom diterima dari kepala keamanan kampus yang meminta izin untuk memberikan akses kendaraan melintas di kampus sebagai jalur alternatif.

"Tak ada pilihan, kampus dibuka untuk jalur alternatif kendaraan yang mau ke arah Kota Bogor," kata Yatri.

Yatri mengaku masih menunggu keterangan dari kepolisian terkait indikasi bom tersebut. Ia juga tidak mengetahui indikasi bom ditujukan kepada siapa.

"Karena lokasi indikasi bom ada di luar area kampus dekat BJB (Bank Jabar Banten), jadi kita belum tahu arahnya," kata Yatri.

Yatri menambahkan, saat ini aktivitas kampus libur menyambut Idulfitri 14 38 Hijriah, sehingga tidak ada pergerakan mahasiswa atau dosen di kampus. Namun, pihaknya tetap meningkatkan penjagaan dan keamanan.

Lokasi ditemukannya benda mencurigakan menyerupai tas yang diduga bom diperkirakan berjarak kurang lebih 200 meter dari area Kampus IPB Dramaga.

Kembali normal

Petugas Keamanan Dalam IPB, Toto, menyebutkan sekitar pukul 07.00 WIB lalu lintas di Jalan Dramaga sudah normal dan bisa dilalui kendaraan. "Proses evakuasinya berlangsung cepat, pukul 07.00 saya di kampus, jalan sudah dibuka kembali," kata Toto.

Evakuasi yang dilakukan tim keamanan berlangsung cepat. Benda mencurigakan menyerupai tas diduga bom tersebut ternyata berisi plastik.


(UWA)