1 Meninggal & 50 Terluka Akibat Puting Beliung di Pangandaran

Kristiadi    •    Rabu, 12 Oct 2016 21:06 WIB
puting beliung
1 Meninggal & 50 Terluka Akibat Puting Beliung di Pangandaran
Puting beliung porak-porandakan rumah di Kota Sukabumi, setahun lalu. Foto: MI/Benny Bastiandi

Metrotvnews.com, Pangandaran: Angin puting beliung disertai hujan deras dan petir melanda Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Satu orang meninggal tersambar petir atas nama Ade Sapti, 43, warga Dusun Bojong Salawe, RT 03 RW 04, Desa Karang Jaladri, Kecamatan Parigi, Rabu sore 12 Oktober 2016. 

Bencana ini juga mengakibatkan 50 orang warga luka-luka setelah ratusan rumah yang berada di Desa Kerang Jalidri dan Desa Parigi, Kecamatan Parigi, tersapu angin puting beliung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, mengatakan jumlah kerusakan rumah di Kecamatan Parigi termasuk pasar sebanyak 350 rumah. Rata-rata tertimpa pohon dan genting beterbangan.




"Petugas masih mendata rumah rusak. Petugas dari TNI, Polisi, BPBD Provinsi, BNPB, dan dinas terkait saat ini tengah bekerja sama memotong pohon yang menimpa rumah. Korban sudah dibawa ke Puskesmas terdekat untuk ditindak secara intensif," kata Nana.

Kepala BPBD Jawa Barat, Haryadi, mengatakan hanya dua desa yang terdampak bencana ini. 

Sebelumnya, Kabupaten Pangandaran diterjang bencana alam tanah longsor dan banjir bandang hingga memutus akses jalan utama Pangandaran-Ciamis.




(UWA)