Emil Instruksikan Satpol PP Pindahkan PKL ke Pasar Kosambi

Roni Kurniawan    •    Senin, 21 Nov 2016 15:54 WIB
pedagang kaki lima (pkl)
Emil Instruksikan Satpol PP Pindahkan PKL ke Pasar Kosambi
Aksi pedagang kaki lima di BIP, Bandung, memprotes relokasi, Ant - Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, akan memindahkan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Ahmad Yani ke Pasar Kosambi. Sementara trotoar di Jalan Ahmad Yani bakal dipercantik menjadi kawasan pedestrian.

Wali Kota Ridwan Kamil alias Emil mengatakan PKL tak berjualan di trotoar. Larangan itu bertujuan menata kota.

"Kami akan tertibkan, bersihkan, relokasi sebagai komitmen satu per satu ruas jalan yang akan kita bereskan," ujar pria yang akrab disapa Emil usai rapat pimpinan (Rapim) di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (21/11/2016).

Emil menargetkan Jalan Ahmad Yani bersih dari PKL pada akhir November. Kawasan itu bakal jadi area pedestrian bagi pejalan kaki.

Emil memerintahkan Satpol PP memindahkan PKL. Pemkot, katanya, menyediakan tempat untuk PKL di Pasar Kosambi.

"Kesiapan pasar sedang kita persiapkan oleh Dirut PD Pasar. Kapasitasnya sekitar 900 pedagang ada di lantai tiga," urainya.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kota Bandung Eddy Marwoto mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan penertiban kepada para PKL tersebut. Berdasarkan data yang dimiliki Satpol PP, terdapat 60 PKL mengadu nasib di aras trotoar ruas Jalan Ahmad Yani.

"Kita kemarin hanya imbauan karena belum ada solusi. Jadi nanti kita tunggu dulu sampai tempat relokasi beres. Nanti kita akan koordinasi dengan PD Pasar," kata Eddy ditempat yang sama.



(RRN)