Empat Bangunan Digusur untuk Perluasan Lahan Sekolah Dasar

Hendrik Simorangkir    •    Rabu, 03 Oct 2018 14:38 WIB
penggusuran rumah
Empat Bangunan Digusur untuk Perluasan Lahan Sekolah Dasar
Satpol PP Kota Tangerang menggusur empat bangunan ilegal yang dijadikan rumah kontrakan di Batu Jaya Utara RT 03 RW 03, Batu Ceper, Kota Tangerang, Bantan, Rabu, 3 Oktober 2018. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir.

Tangerang: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang menggusur empat bangunan di kawasan Batu Jaya Utara RT 03/03, Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten.

Kepala Satpol PP Kota Tangerang Mumung Nurwana mengatakan, bangunan tersebut berdiri di atas lahan seluas 380 meter persegi milik pemerintah Kota Tangerang. Penggusuran dilakukan untuk memperluas bangunan Sekolah Dasar Negeri 1 Batu Ceper.

"Jelas itu surat-surat sudah komplit. Pendekatan sudah dilakukan dan Hj Muhidin cs (warga) sudah mengakui bahwa lahan tersebut adalah lahan pemerintah yang tercatat sebagai aset. Akhirnya kami melakukan eksekusi," kata Mumung di lokasi, Rabu, 3 Oktober 2018.

Mumung menjelaskan, sekitar 150 petugas gabungan dikerahkan dalam proses eksekusi bangunan tersebut. Bangunan tersebut dirobohkan dengan menggunakan alat berat.

Menurut Mumung, sebelum melakukan eksekusi, pihaknya sudah terlebih dahulu melayangkan surat kepada warga terkait rencana pengosongan lahan tersebut.

Pantauan di lokasi, empat bangunan yang digusur tersebut ditempati 10 Kepala Keluarga (KK) dengan rincian 35 orang termasuk wanita dan 12 anak-anak.

"Selanjutnya nanti Dinas Pendidikan harus memagar lahannya, menguasai lahan itu dan nantinya akan dilangsungkan untuk pembangunan dan ini untuk tahun anggaran 2018 sudah siap membangun lokal. Sebelumnya juga kami sudah sodorkan rumah susun tapi dia bersikeras untuk mengontrak sendiri," pungkas Mumung.


(DEN)