Menkes: Tangerang Layak Sandang 'Kota Sehat'

Hendrik Simorangkir    •    Senin, 05 Nov 2018 19:35 WIB
kesehatan
Menkes: Tangerang Layak Sandang 'Kota Sehat'
Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menjadi pembicara Healthy City Summit 2018 seminar kabupaten/kota sehat & expo di Hotel Novotel Tangerang. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Tangerang: Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menilai Kota Tangerang layak menyandang julukan Kota Sehat. Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara Healthy City Summit 2018 seminar kabupaten/kota sehat & expo di Hotel Novotel Tangerang.

"Kota Tangerang sudah menerima penghargaan Kota Sehat, sudah bagus itu. Kita lihat sekilas, daerah-daerah kumuh lewat pendampingan, lalu dibetulkan dan berhasil dijadikan bersih dan sehat lewat Kampung PHBS," ujar Nila saat membuka acara tersebut di Hotel Novotel Tangerang, Senin, 5 November 2018.

Nila kagum Tangerang bisa mengubah daerah kumuh menjadi kawasan wisata kota juga. Tapi, dia mengakui masih banyak yang harus dilakukan Tangerang di sektor kesehatan karena zaman terus berkembang.

"Untuk itu Kota Tangerang harus bisa terus berinovasi di bidang kesehatan," kata dia.

Nila terkesan dengan berbagai Program Kesehatan yang dimiliki Kota Tangerang. Salah satunya kolaborasi kunjungan terintegrasi keluarga sehat atau biasa disebut Cageur Jasa.

"Kementerian Kesehatan berusaha untuk membuat pendekatan atau sosialisasi di keluarga untuk kesehatan. Dan di Kota Tangerang udah punya itu namanya Cageur Jasa," jelasnya.

Personel Cageur Jasa turun ke rumah-rumah warga untuk mengecek kesehatan masyarakat. Konsep pelayanan kesehatan jemput bola ini sangat layak ditiru.

Nila berpesan kesehatan keluarga harus terus didorong. Dimulai dari diri sendiri dan didukung seluruh anggota keluarga yang berkomitmen untuk menjadi keluarga sehat.

"Caranya ya dengan komunikasi di keluarga bagaimana orang tua dengan anak, dan sebaliknya, serta komitmen yang baik di keluarga bagaimana mewujudkannya," katanya.


(SUR)