Pelancong Pantai di Banten Turun Drastis

Hendrik Simorangkir    •    Rabu, 02 Jan 2019 14:56 WIB
pariwisataTsunami di Selat Sunda
Pelancong Pantai di Banten Turun Drastis
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Tangerang: Sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Lebak, Banten, biasanya menjadi destinasi favorit pada musim libur dan malam pergantian tahun. Namun, pelancong tujuan pantai menurun drastis pascatsunami Selat Sunda.

Ketua Balawisata Lebak Erwin Komara Sukma mengatakan pantai Sawarna dan Bagedur merupakan pantai favorit wisatawan untuk mengisi waktu libur. Kedua objek wisata tersebut kini sepi pengunjung.

"Pengunjung sampai ke Pelabuhan Ratu sepi. Penurunannya kami pantau sampai 95 persen," kata Erwin, Rabu, 2 Januari 2019.

Kunjungan wisatawan ke Pantai Sawarna mencapai 5.000 orang di hari Natal, dan terus naik hingga 50 ribu pada malam pergantian tahun. Hal ini merujuk ke jumlah kunjungan musim libur Natal dan Tahun Baru 2017.

"Kalau kemarin paling sekitar 500-an. Kondisi ombak normal-normal saja. Walaupun lagi pasang, hanya pasang biasa. Kondisi di Pantai Bagedur juga sama tidak jauh beda," ujar Erwin.

Erwin mengimbau pengunjung agar senantiasa berhati-hati. Pihaknya pun selalu memberikan informasi terkini di objek wisata sebagai rujukan.

"Kami selalu mengimbau dan memberikan informasi termasuk melalui media sosial untuk tetap berhati-hati, dan menginformasikan juga mengenai kondisi gelombang," katanya.


(SUR)