Katup Sungai Cisanggarung Cirebon Diperbaiki

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 05 Dec 2018 18:52 WIB
bencana banjir
Katup Sungai Cisanggarung Cirebon Diperbaiki
Pekerja menggunakan alat berat untuk memperbaiki katup Sungai Cisanggarung, Kabupaten Cirebon, untuk mengantisipasi banjir, Medcom.id - Rofahan

Cirebon: Puluhan katup di tanggul Sungai Cisanggarung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sedang diperbaiki. Itu bertujuan mengantisipasi banjir yang mengancam Cirebon.

Katup tersebut berbentuk kotak layaknya pintu air yang berada di sepanjang tanggul Sungai Cisanggarung. Nantinya, setiap ada air yang keluar dari saluran tersebut dan hendak menuju sungai, katup tersebut terbuka. Sedangkan ketika ada air dari sungai yang mau masuk melalui saluran tersebut, katup tersebut tertutup.

Pada banjir yang terjadi Februari 2017, Camat Ciledug, Kabupaten Cirebon, Solihin, mengaku fungsi katup tak maksimal. Sehingga air sungai meluber dan meluap ke pemukiman.

"Makanya peran katup ini cukup penting. Selain memperbaiki katup, kami juga menormalisasi sungai dan menambah tinggi tanggul," ujar Solihin di Cirebon, Rabu, 5 Desember 2018.

Di Kecamatan Ciledug, Solihin menyebutkan lima desa berbatasan langsung dengan Cisanggarung. Tahun lalu, sungai meluap. Banjir mencapai ketinggian hingga tiga meter.

Bagus, warga Jatiseeng Kidul, Kecamatan Ciledug, mendukung upaya pemerintah mengantisipasi banjir. Bagus mengaku ancaman banjir membuatnya khawatir.

"Semoga saja tahun ini tidak kembali banjir,” kata Bagus.


(RRN)