Wali Kota Cirebon Galau Dishub Jabar Larang Transportasi Online

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 11 Oct 2017 15:02 WIB
taksi onlinetransportasi berbasis aplikasi
Wali Kota Cirebon Galau Dishub Jabar Larang Transportasi Online
Walikota Cirebon Nasrudin Azis. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

Wali Kota Cirebon Galau Dishub Jabar Larang Transportasi Online

Metrotvnews.com, Cirebon: Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat mengeluarkan larangan operasi bagi transportasi online. Larangan ini membuat Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis galau dan pusing tujuh keliling.

"Baru juga selesai, sekarang mucul lagi. Apa tidak bikin pusing," kata Azis di Cirebon, Rabu 11 Oktober 2017.

Bagaimana kepala Azis tak berdenyut. Pemkot Cirebon beserta Polresta Cirebon baru saja berhasil mendamaikan konflik antara tranportasi online dan konvensional.

(Baca: Angkutan Konvensional dan Daring di Cirebon Berdamai)

Belum satu bulan transportasi online dan konvensional di Kota Udang bisa berdiri berdampingan. Kedua pihak sudah membacakan ikrar damai yang dijadikan acuan untuk menjaga keharmonisan kedua moda.

Dalam ikrar tersebut, kedua belah pihak siap menjalankan kegiatannya seperti biasa. Mereka juga berhasil mencapai kata sepakat yang dijadikan rel dalam beroperasi. Salah satunya soal titik penjemputan dan lokasi operasi.

"Titik-titik penjemputan yang disepakati juga masih dalam proses. Eh, ini ada aturan baru lagi," ujar Azis.

 Azis berharap informasi tentang larangan operasi transportasi online ini tak jadi pemicu perang antarmoad. Menurutnya, Cirebon bisa dijadikan contoh salah satu kota yang berhasil mendamaikan kedua transportasi itu.

Bukannya mencari status quo, mencari solusi agar kedua moda bisa berjalan bersama merupakan jalan terbaik.
 
Konflik antara transportasi online dan konvensional di Cirebon sempat memanas. Bahkan, ribuan angkot mogok selama lima hari sebagai bentuk protes. Untuk mendamaikan dua transportasi ini, Pemkot Cirebon rela menggratiskan uji KIR dan izin trayek bagi angkutan kota di wilayah pantura Jawa Barat itu.

(Klik: Angkot Cirebon Segera Bebas Biaya KIR dan Izin Trayek)

 


(SUR)