Lima Belas Korban Kapal Tenggelam di Waduk Cirata Selamat

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 21 Dec 2017 20:30 WIB
kapal tenggelamtenggelamperahu
Lima Belas Korban Kapal Tenggelam di Waduk Cirata Selamat
Lokasi tenggelamnya kapal di waduk Cirata Kabupaten Purwakarta Inbox. Foto: Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Bandung: Sebanyak 15 korban kecelakaan perahu di danau Cirata, Kabupaten Purwakarta, selamat dan telah dievakuasi petugas. Korban diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing setelah mendapat perawatan di Puskesmas Maniis, Purwakarta.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan total korban insiden tersebut berjumlah 21 orang. Mereka adalah para petani yang biasa berkebun di lahan milik PT. PJB UP. Cirata BPWC.

"Lokasi tempat mereka berkebun di di pulau Cinusa desa Tegal datar Kecamatan Cimaniis, untuk pulang ke rumahnya masing-masing setiap harinya mereka harus menggunakan perahu bargas, melintasi waduk Cirata," ucap Yusri, Kamis, 21 Desember 2017.

Yusri menerangkan, sekitar pukul 14.00 WIB saat cuaca mendung (seperti mau hujan), tiba - tiba angin kencang sehingga menyebabkan perahu oleng.

(Baca: Perahu Tenggelam di Waduk Cirata, 7 Orang Hilang)

"Seluruh penumpang diperahu tersebut panik, akhirnya perahu  tenggelam, sebagian korban berhasil selamat karena  berenang dibantu dengan bambu yang ditemukan di lokasi kejadian dan bantuan warga petani ikan," bebernya.

Humas Protokoler Basarnas Kantor Bandung mengatakan, pihaknya masih memantau lokasi kejadian untuk mencari enam orang korban yang tenggelam. "Enam orang masih dalam proses pencarian," jelasnya.

Menurutnya, sesuai evaluasi di lapangan telah dilakukan penyelaman dan diperkirakan kedalaman waduk mencapai 55 meter. Pencarian di dalam waduk dilanjutkan besok pagi.

"Untuk pemantauan di darat masih dilakukan dengan bantuan lampu sorot," paparnya.

Menurut informasi yang dihimpun dari Basarnas  Kantor Bandung, berikut nama korban yang masih dalam pencarian petugas:
1. Dadang
2. Rus
3. Iyat
4. Siti
5. Dudun
6. Cicah

 


(SUR)