Anjing Pelacak Dikerahkan Cari Korban Longsor Puncak Bogor

Rizky Dewantara    •    Selasa, 06 Feb 2018 14:30 WIB
longsorbencana longsor
Anjing Pelacak Dikerahkan Cari Korban Longsor Puncak Bogor
Tim Jakarta Rescue melibatkan dua anjing pelacak untuk mencari korban longsor di Puncak Bogor yang belum ditemukan. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Tim Jakarta Rescue melibatkan dua anjing pelacak untuk mencari korban longsor di Puncak Bogor yang belum ditemukan hingga kini. Tim K9 ini diterjunkan di Riung Gunung, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 6 Februari 2018.

Alfa dan Delta, nama dua ekor anjing ini, mulai melakukan pencarian korban dengan mengendus-endus tumpukan material longsor untuk menemukan indikator keberadaan korban. Pencarian terus dilakukan hingga titik longsor yang berada di tebing setinggi 15 meter.

"Tadi Alfa dan Delta menemukan dua titik yang dianggap adanya keberadaan korban, mereka menggonggong dan menggaruk-garuk tanah," tutur Ketua Tim Jakarta Rescue Fitri di lokasi longsor, Riung Gunung Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 6 Februari 2018.

Anggota Tim Jakarta Rescue Rey Herawati menambahkan, tugas Alfa dan Delta hanya mencari indikator keberadaan korban. Alfa maupun Delta merupakan anjing pencari yang sudah berpengalaman dalam pencarian korban.

"Sudah berpengalaman ketika dibawa untuk mencari korban gempa di Nepal beberapa tahun lalu. Selanjutnya biar tim SAR yang melakukan pencarian di titik indikator tadi," terangnya.

Kapolres Bogor AKBP Andy M Dicky mengatakan, terdapat tiga orang korban longsor yang belum ditemukan. Berdasarkan keterangan saksi, ada dua motor yang tertimbun akibat longsor.

"Laporannya tiga orang masih hilang di sini (Riung Gunung). Itu berdasarkan keterangan seorang sopir angkot yang selamat," ujarnya, kemarin.


(SUR)