Jenderal Gatot Tur Kampus 'Provokasi' Rasa Kebangsaan

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 16 Jan 2018 16:28 WIB
Jenderal Gatot Tur Kampus 'Provokasi' Rasa Kebangsaan
Gatot Nurmantyo saat memberikan Stadium General di Kampus Unswagati Cirebon. Foto: Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo berkeliling ke 63 kampus di Indonesia. Turnya ke puluhan kampus tersebut untuk memprovokasi mahasiswa tentang rasa kebangsaan.

Jenderal Gatot menegaskan, mahasiswa harus paham kebesaran Indonesia dan potensi luar biasa Tanah air. Banyak Negara yang berancang-angan mengambil kekayaan Nusantara.

"Agar mahasiswa paham hal tersebut dan bisa mewaspadainya," ujar Gatot di depan ribuan Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon, Selasa, 16 Januari 2018.

Gatot meminta mahasiswa untuk menolak beragam adu domba dan provokasi yang bisa menciptakan perpecahan. Salah satunya konflik yang mengatasnamakan agama.

Gatot berharap generasi Indonesia dapat bersyukur dengan falsafah Pancasila yang dimiliki bangsa. Pancasila ini yang menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia tetap bisa terjaga.

Jendral kelahiran Tegal Jawa Tengah ini juga berpesan ke mahasiwa untuk tidak mudah berdemo. Sebagai manusia yang berpendidikan tinggi, mahasiswa harusnya mengedepankan pendekatan keilmua.

Menurut Gatot pula, milenial merupakan generasi yang menentukan arah bangsa. Ia memprediksikan 2020 nanti menjadi masa yang paling menentukan untuk Indonesia. Sebab, Indonesia mendapatkan bonus demografi usia produktif yang mencapai 160-180 juta penduduk.

"Indonesia diprediksi akan masuk dalam lima negara kuat di dunia," kata Gatot.

 
(SUR)