Kantor PT SBL sedang dalam Proses Renovasi

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 02 Feb 2018 20:06 WIB
penipuan
Kantor PT SBL sedang dalam Proses Renovasi
Petugas menyegel kantor Travel Biro Perjalanan Haji dan Umrah PT Solusi Balad Lumampah di Tasikmalaya, Jabar, 31 Januari 2018, MI - Kristiadi

Bandung: Perusahaan travel umrah, PT Solusi Balad Lumampah (SBL) diduga tersangkut kasus penipuan pada calon jemaah umrah. Pemilik PT SBL berinisial AJW dan stafnya ER ditangkap Polda Jabar.

Pantauan Medcom.id, perusahaan yang bergerak di bidang Travel Umrah Haji tersebut terletak di Jalan Dewi Sartika Kota Bandung. Kantor perusahaan berupa gedung berukuran empat lantai. Kantor itu sedang dalam proses pembangunan. Garis polisi melintang di depan bangunan.

Baca: Polisi Cokok 2 Penipu Promo Umrah PT SBL

"Kantor ini belum selesai dibangun, sejak tiga hari kemarin ditutup polisi," ungkap Oneng, 43, pemilik warung yang berlokasi di samping PT SBL, Jumat 2 Februari 2018.

Menurutnya, jemaah yang mendaftar di Travel Umroh untuk menunaikan ibadah di tanah suci, sempat berdatangan pada Rabu 31 Februari 2018. Mereka mempertanyakan nasib mereka.

"Ya dari Rabu, banyak yang datang. Saya juga kaget ada apa ini," ucapnya.

Oneng menerangkan semenjak diberi garis polisi aktifitas pembangunan gedung itu berhenti. Pekerja bangunan juga telah mengeluarkan seluruh peralatannya dari dalam gedung tersebut.

"Pekerja bangunannya sudah enggak ada yang kerja lagi sekarang," paparnya.

Pemilik PT SBL diduga melakukan penipuan dan penggelapan terhadap 12.845 calon jemaah umrah dengan total kerugian mencapai Rp300 miliar. Polisi menyita beberapa aset PT SBL. Yaitu tiga rumah di Antapani, tanah di Cigadung, dan satu gedung di Kawasan Dewi Sartika.

Selain rumah, polisi juga menyita satu unit mobil Mercedes, Range Rover EVOQUW, Nissan Navara, Toyota Alphard, Mitsubitshi Pajero, Truk Towing, Honda Mobilio, Honda Jazz, dan Toyota Hiace. Juga disita empat kendaraan bermotor roda dua, masing-masing satu Yamaha X-Max dan tiga unit motor trail berbagai jenis.


(RRN)