Santri Buntet Kenang Kepahlawanan Kiai Berjuluk Singa dari Jabar

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 22 Oct 2016 14:29 WIB
hari santri nasional
Santri Buntet Kenang Kepahlawanan Kiai Berjuluk Singa dari Jabar
Santri Buntet berziarah ke makam K.H. Abbas Abdul Jamil, komandan perang 10 November 1945. Foto-foto: Metrotvnews.com/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Ribuan santri Pondok Pesantren Buntet Cirebon, Jawa Barat, memperingati Hari Santri Nasional (HSN) dengan melakukan kirab dan ziarah ke makam K.H. Abbas Abdul Jamil, komandan perang 10 November 1945. 

Sekretaris Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren, K.H. Aris Nimatullah mengatakan K.H. Abbas adalah orang yang berperan menggelorakan para ulama untuk melawan penjajah kala itu.

"Dia dijuluki sebagai Singa dari Jawa Barat karena keberaniannya," kata Aris, saat ditemui Metrotvnews.com, Sabtu (22/10/2016).

Perjuangan K.H. Abbas, ujar dia, merupakan bukti kalangan pesantren berperan vital dalam kemerdekaan Indonesia.


Ribuan santri Pesantren Buntet ikuti kirab

Pengasuh Pesantren Buntet lainnya, K.H. Ade Nasikhul Umam mengatakan peran santri saat ini berbeda dengan masa penjajahan.

“Santri masa kini harus bisa berperan menjaga kedaulatan NKRI dengan mengantisipasi gerakan aliran-aliran yang ingin memecah belah persatuan Indonesia,” kata dia, di depan ribuan santri yang mengikuti apel hari santri.

Memperingati HSN, seluruh pelajar yang berada di naungan YLPI Buntet Pesantren wajib beraktivitas menggunakan sarung. “Hari ini semua sekolah yang ada di naungan YLPI Buntet Pesantren harus menggunakan sarung memperingati HSN,” kata dia.



(UWA)