Daop 3 Cirebon Siapkan Ratusan Petugas Ekstra Lebaran

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 15 Jun 2017 12:08 WIB
mudik lebaran 2017
Daop 3 Cirebon Siapkan Ratusan Petugas Ekstra Lebaran
PT KAI Daop 3 Cirebon melakukan gelar pasukan -- MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, menjamin kesiapan jalur kereta dan semua pendukung dalam menghadapi masa angkutan Lebaran 2017. Salah satunya dengan mengerahkan ratusan petugas untuk memaksimalkan pelayanan bagi pemudik.

Sebanyak 400 petugas dari berbagai instansi akan ikut menjaga keamanan serta ketertiban selama mudik. Selain itu, ratusan petugas ekstra juga dikerahkan untuk menjaga pelintasan, memeriksa rel, dan menjaga daerah rawan bencana serta mengantisipasi aksi pelemparan.

"Keseluruhan petugas ekstra yang dilibatkan berjumlah 222 personel," kata Manager Humas Daop 3 Cirebon Krisbiantoro di Stasiun Cirebon, Jabar, Kamis 15 Juni 2017.

Menurut Kris, ada beberapa titik rawan pelemparan di sepanjang jalur Cikampek-Brebes. Lokasi-lokasi tersebut nantinya dijaga oleh petugas.

Kris meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan pelemparan, karena membahayakan penumpang dan pelaku sendiri. "Kalau ditemukan, nanti ada petugas yang mengamankan," katanya.

Daop 3 Cirebon, lanjut Kris, juga mewaspadai wilayah rawan amblas dan banjir. Ada empat titik wilayah rawan amblas, yaitu satu titik di Jatibarang, dua titik di Sindanglaut hingga Luwung, dan satu titik di Sindanglaut hingga Ciledug.

Selain menyiagakan petugas, Daop 3 Cirebon juga sudah menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) berupa bantalan kayu, beton, karung pasir, dan batu balast. "Total keseluruhan daerah rawan banjir dan longsor di wilayah Daop 3 Cirebon ada 12 titik. Kita sudah siapkan AMUS sebagai antisipasi terjadi bencana," tutupnya.


(NIN)