TNI dan Alat Berat Dikerahkan Membersihkan Sampah di Cibangkong

Roni Kurniawan    •    Kamis, 06 Jul 2017 16:05 WIB
sampah
TNI dan Alat Berat Dikerahkan Membersihkan Sampah di Cibangkong
Petugas membersihkan tumpukan sampah di RT 03 RW 10 Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Bandung, Jawa Barat -- MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung menggandeng TNI serta mengerahkan alat berat untuk menangani tumpukan sampah di RT 03 RW 10 Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Bandung, Jawa Barat. Cara manual tidak mampu membersihkan maksimal karena volume sampah mencapai 280 kubik.

"Kita telah koordinasi dengan TNI untuk mengerahkan pasukan membantu membersihkan tumpukan sampah," kata Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana di lokasi, Kamis 6 Juli 2017.

(Baca: Tumpukan Sampah di Cibangkong Mencapai 3 Meter)

Deni mengatakan, dua hari ini pihaknya bakal fokus mengangkut tumpukan sampah. Sampah yang sudah menggunung sejak 10 tahun terakhir itu susah `dieksekusi` karena sebagian sudah padat dan menyatu dengan tanah.

"Setelah bersih, baru kita ambil langkah selanjutnya, seperti menempatkan tempat sampah bagi masyarakat," kata dia.

(Baca: Pasukan Gober `Eksekusi` Lautan Sampah di Cibangkong)

Menurut Deni, untuk mengangkut 280 kubik sampah setidaknya diperlukan puluhan truk. Pasalnya, satu truk sampah hanya mampu mengangkut 6 kubik.

"Tapi, kita akan upayakan secepatnya karena besok juga akan ada bantuan ratusan anggota TNI," tuturnya.

Selanjutnya, kata Deni, lahan tersebut akan diratakan. Ia berharap, lahan milik salah satu pengembang tersebut bisa digunakan untuk berbagai fasilitas publik seperti lapangan bola.


(NIN)