Sembilan Calon Haji Asal Cirebon Gagal Berangkat

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 28 Jul 2017 12:49 WIB
haji 2017
Sembilan Calon Haji Asal Cirebon Gagal Berangkat
Suasana Kantor Urusan Haji Kemenag Kb. Cirebon

Metrotvnews.com, Cirebon: Sebanyak Sembilan calon jemaah haji dari Kabupaten Cirebon gagal berangkat. Kepala Seksi urusan haji (Urhaj) Kemenag Kabupaten Cirebon, Muslim, mengatakan, Sembilan calon haji itu gagal berangkat karena beberapa hal.

“Ada yang sakit, hamil dan ada juga yang meninggal,” kata Muslim di Cirebon, Jumat 28 Juli 2017.

Untuk yang meninggal, posisinya kata Muslim, tidak bisa digantikan oleh anggota keluarga yang lainnya. Namun, nanti semua biaya yang sudah disetorkan akan dikembalikan. Sedangkan untuk yang sedang sakit atau hamil, bisa meminta penundaan keberangkatan, baik itu perpindahan kloter atau tahun keberangkatan.

“Kalau yang sakit atau hamil, silakan langsung hubungi kami untuk mengajukan penundaan jadwal keberangkatan,”kata Muslim.

Muslim juga menuturkan, untuk keberangkatan haji tahun ini, sebanyak 50 persen jemaahnya memiliki resiko tinggi dalam kesehatan, karena memiliki umur yang sudah tua. Oleh karena itu, pihaknya selalu mengingatkan kepada Jemaah, untuk bisa terus berkoordinasi dan meminta bantuan kepada para petugas jika ada masalah.

“Kami sudah sampaikan beberapa hal yang harus diikuti dan dilakukan oleh para Jemaah,”kata Muslim.

Kabupaten Cirebon pada tahun ini, akan memberangkatkan 2.414 calon haji yang terbagi dalam tujuh kloter. Untuk rombongan pertama, akan diberangkatkan pada Sabtu 29 Juli besok, dengan jumlah 410 orang.

“Besok kami akan memberangkatkan 410 calon haji yang tergabung dalam kloter 7,”kata Muslim.


(ALB)