Aher Pamit dari Pemprov Jabar

Roni Kurniawan    •    Senin, 18 Jun 2018 11:02 WIB
pemerintah
Aher Pamit dari Pemprov Jabar
Pelantikan Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin, 18 Juni 2018, Medcom.id - Roni Kurniawan

Bandung: Ahmad Heryawan (Aher) pamit setelah masa tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat usai. Menjadi gubernur dua periode, Aher mengklaim Jabar aman dan kondusif.

"Dalam 10 tahun terakhir, Alhamdulillah Jawa Barat kondusif. Relasi dengan berbagai elemen selalu baik dan lancar," terang Aher dalam pelantikan Penjabat Gubernur M Iriawan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin, 18 Juni 2018.

Aher mengaku telah banyak berbagai terobosan yang dilakukannya saat menjabat sebagai orang nomor satu di Jabar. Terutama dari sektor infrastruktur dan pelayanan masyarakat salah satunya kehadiran Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka menjadi persembahan terakhir Aher bagi Jabar.

"Selain itu juga di Jawa Barat telah hadir Geopark Ciletuh yang telah diakui oleh Unesco. Di bidang pendidikan ada berbagai terobosan, kita menghadirkan Unpad di Pangandaran, ITB di Cirebon dan Sukabumi," sambungnya.

Aher berharap, dilantiknya Iriawan sebagai Penjabat Gunernur Jabar bisa meneruskan pembangunan di Jabar meski hanya beberapa bulan kedepan hingga terpilihnya Gubernur baru pada Pilkada 2018.

"Saya serahkan estafet kepemimpinan Jawa Barat. Izinkan saya pamit mundur dan permohonan maaf jika ada salah kata, tingkah laku yang kurang berkenan," pungkas Aher.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo melantik Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jabar. Beberapa pejabat serta tokoh di Jawa Barat hadir dalam acara tersebut.

Baca: Komjen Iriawan Resmi Menjabat Sebagai Pj Gubernur Jabar

"Dengan ini resmi melantik sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia. Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas sebaik2nya sesuai tanggungjawab yang diberikan," ujar Cahyo saat pelantikan.

Sebelumnya, Kemendagri telah menunjuk Sekda Jabar, Iwa Karniwa, sebagai Plh Jabar. Hal tersebut dituangkan dalam surat telegram Kemendagri dengan nomor 121.32/3694/Sj yang diterbitkan Jumat (8/6) lalu.

Penunjukan tersebut dilakukan karena mulai tanggal 13 Juni 2018, masa jabatan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar akan berakhir. Berakhirnya masa jabaran keduanya tertuang dalam Keppres RI Nomor 61/P tanggal 21 Mei 2013.

Namun, tugas Iwa Karniwa sebagai Plh Gubernur Jabar ternyata hanya beberapa hari. Sebab, Kemendagri kini menunjuk M. Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jabar. 


(RRN)