Kompleks UIII Beres 4 Tahun

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 05 Jun 2018 14:30 WIB
pendidikan
Kompleks UIII Beres 4 Tahun
Presiden Joko Widodo (tengah), Wakil Presiden Jusuf Kallan (kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meletakkan batu pertama kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok, Jawa Barat. Medcom.id/Octavinus Dwi Sutrisno

Depok: Kompleks kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dijadwalkan selesai dalam jangka waktu empat tahun. Proyek strategis ini setidaknya memakan total biaya Rp3,5 triliun.

"Insyaalah kampus ini selesai semuanya dalam empat tahun, konstruksinya segera dimulai," kata Presiden RI Joko Widodo usai peletakkan batu pertama kampus UIII, Selasa, 5 Juni 2018.

Tahun depan, UIII menargetkan dua hingga tiga program studi bisa berjalan di kampus tersebut. Kampus yang bakal menjadi kampus pendidikan Islam terbesar di Asia Tenggara itu berdiri di atas lahan seluas 142 Hektar.

Baca: UIII Memiliki Tujuh Fakultas

"Semoga tempat ini, jadi kampus yang hijau modern dan menjadi kiblat  kampus besar internasional, bagi peradaban yang melakukan kajian peradaban Islam yang moderat dan wasabiah," tandasnya.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan Kampus UIII memiliki kekhasan terutama dalam hal mengkaji dan meneliti serta menerapkan nilai-nilai Islam.

"Contohnya seperti, kenapa di Indonesia ada Nuzulul Quran, kalau di luar enggak ada, di Indonesia kan ada, budaya yang berkembang di Indonesia ini kita jaga dan kita kontribusi menjadi perdamaian dunia," pungkasnya.

Baca: Pembangunan Tahap I UIII Dianggarkan Rp700 Miliar
 


(SUR)