Ridwan Kamil Pertahankan Gaya Bersepeda

Roni Kurniawan    •    Jumat, 07 Sep 2018 12:49 WIB
pemerintah daerah
Ridwan Kamil Pertahankan Gaya Bersepeda
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggunakan sepeda usai menghadir acara di Grand Padma Hotel Preanger, Kota Bandung, Jumat 7 September 2018.

Bandung: Ridwan Kamil enggan mengubah gaya kepemimpinan setelah sah menjadi Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Bersepeda akan menjadi gaya tetap Emil untuk melakukan berbagai kegiatan terutama di Kota Bandung.

Selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018, Emil identik dengan bersepeda untuk menyapa warga serta menghadiri berbagai agenda kerja. Bahkan hari pertama kerja sebagai gubernur di luar Gedung Sate, Emil masih menggunakan sepeda klasik berwarna biru dengan tulisan BDG 01 RK pada bagian belakang.

"Saya itu bahagia naik sepeda. Karena saya itu bahagia naik sepeda itu saja poinnya. Karena bersepeda itu dapat angin, seger. Menyapa warga jarak dekat, bisa berhenti berinteraksi," ujar Emil usai membuka acara kongres ke-13 Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) di Ballroom Hotel Prama Grand Preanger, Kota Bandung, Jumat 7 September 2018.

Emil mengaku, dengan bersepeda bisa mengetahui secara langsung permasalahan terutama yang ada disekitar ketika dilewati. Pasalnya jika menggunakan mobil, Emil tidak begitu yakin bisa mengetahui secara langsung berbagai masalah dan sulit untuk berinteraksi dengan warga.

"Bisa menemukan problem yang tidak bisa ditemukan kalau sudut matanya naik mobil, banyak gagasan kalau naik sepeda," imbuhnya.

Ciri khas menggunakan sepeda pun dikatakan Emil bukan sekedar untuk pencitraan sebagai pemimpin. Namun hal itu diyakini sebagai kebutuhan dalam kepemimpinan masa kini dan masa depan.

"Jadi bersepeda itu kebutuhan bukan gaya-gayaan. Bukan pencitraan, tapi saya butuh karena obat stres," cetusnya.

Sementara itu diakui Emil, sepeda yang kini masih digunakan merupakan jatah saat ia menjadi Wali Kota Bandung. Pasalnya Emil belum mendapatkan fasilitas kendaraan baru dari Pemprov Jabar termasuk sepeda.

"Saya belum rapat dengan biro umum, saya dapat sepeda lagi apa enggak," pungkas Emil.




(ALB)