Jasindo Kucurkan Rp100 Juta untuk Tenant Binaan Puspiptek

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 12 Dec 2018 19:19 WIB
puspiptek
Jasindo Kucurkan Rp100 Juta untuk Tenant Binaan Puspiptek
Kepala Biro Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Jasindo (Persero) Reni Rizal (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

Parungpanjang: PT Evia Maju Sejahtera mendapatkan bantuan dana Rp100 juta dari PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Persero). Dana tersebut digunakan untuk pembangunan Kampung Cabai dan rumah produksi.

"Hampir Rp100 juta, seluruhnya," ujar Kepala Biro Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Jasindo (Persero) Reni Rizal, kepada Medcom.id, saat ditemui di Desa Kabasiran, Parungpanjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 12 Desember 2018. 

Bantuan dana tersebut termasuk dalam program kemitraan bina lingkungan (PKBL). Dana diberikan kepada Evia Maju Sejahtera karena memiliki program yang fokus pada bina lingkungan, yakni Kampung Cabai.

"Mereka sebetulnya sudah ada (dana), tapi mereka ingin lebih banyak lagi (produksi), lebih besar, dan butuh sejumlah dana. Dengan dana itu mereka jadi punya rumah produksi, alat produksi, bisa packaging, dan pemesanan lebih baik," ujar Reni.

Dari hasil pantauannya, Evia Maju Sejahtera dinilai masih bisa mengembangkan potensi. Jasindo tidak menutup diri untuk kembali mengucurkan dana bantuan kepada Evia Maju Sejahtera.

"Kami akan dukung tahap kedua, tapi dilihat dahulu apa kebutuhannya. Apakah butuh alat, butuh tenaga pemasaran, atau butuh bibitnya lagi. Kita juga perlu mendengarkan masukan dari Balai Inkubator Teknologi BPPT selaku pendamping," ujarnya.

Selain itu, Reni menegaskan Jasindo siap mendukung impian Co-Founder PT Evia Maju Sejahtera Iman Setiadi Sumantor untuk menjadikan Kampung Cabai menjadi kampung wisata. Jasindo siap membantu sampai perusahaan bisa berdiri mandiri.

"Jasindo akan membantu masyarakat yang punya potensi seperti ini supaya mereka mandiri nantinya," kata Reni.

PT Evia Maju Sejahtera merupakan tenant yang mengikuti co-inkubasi di TBIC Puspiptek pada tahun ini. BPPT merupakan pendamping Iman selaku Co-Founder perusahaan selama mengikut co-inkubasi.

Produk yang dihasilkan adalah chili oil, cokelat cabai, abon cabai, peyek cabai, bawang goreng, dan garlic oil. Beberapa produknya telah diekspor ke Malaysia.


(ROS)