Polisi akan Buat Posko Pelaporan Korban Rumah Subsidi

Farhan Dwitama    •    Selasa, 11 Dec 2018 20:29 WIB
penipuankasus penggelapan
Polisi akan Buat Posko Pelaporan Korban Rumah Subsidi
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Tangerang: Polres Tangerang Selatan memastikan ada banyak korban dari penipuan dan penggelapan yang dilakukan John Sumantri, Dirut PT Cakrawala Karya Kinakas (CKK). Penipuan dilakukan dengan modus penjualan rumah bersubsidi.

"Kami imbau masyarakat yang menjadi korban untuk melapor. Dugaan kami masih ada korban di luar 164 orang yang sudah melapor ke polisi," kata Kasat Resrkim Polres Tangsel, AKP Alexander saat dikonfirmasi, Selasa, 11 Desember 2018.

Alex menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan awal, korban rata-rata tertipu uang Rp5 hingga Rp7,5 juta atas pembayaran Down Payment (DP) rumah subsidi yang janjinya akan dibangun PT CKK. 

"Dari 164 orang korban saja, total tersangka menghimpun uang senilai Rp4 miliar lebih," jelas Alex.

Untuk memudahkan para korban melaporkan kasus penipuan tersebut, Polres Tangsel berencana membuka posko pengaduan korban. "Kami nanti kalau perlu akan membuka posko pengaduan korban. Kami Sat Reskrim Polres Tangsel terbuka untuk menerima laporan masyarakat," ungkap Alex. 

John Sumantri, DPO pemilik PT CKK sebelumnya, ditetapkan sebagai tersangka, kasus penipuan dan penggelepan dana calon pembeli rumah murah bersubsidi.

Setelah uang pemesanan dan DP dibayarkan para korban, rumah yang dijanjikan tersangka tak kunjung ada kabarnya.

Kejadian penipuan tersebut, diduga telah terjadi sejak tahun 2015 dan Polisi baru mendapat laporan korban pada pertengahan 2018.


(DEN)