Kang Emil Menyerukan Nobar Film G30S/PKI

Roni Kurniawan    •    Kamis, 28 Sep 2017 13:54 WIB
peringatan g 30 s pkiisu g30s
Kang Emil Menyerukan Nobar Film G30S/PKI
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam sebuah kesempatan wawancara. Foto: MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengintruksikan seluruh kelurahan di Kota Bandung menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI. Bahkan, Pemerintah Kota Bandung akan menggelar nobar di Taman Film, Jalan Cikapayang, Kota Bandung pada Jumat 29 September.

"Di berbagai kelurahan kerja sama dengan Danramil sudah berlangsung dan terus berlangsung sampai besok. Kemudian, besok di Taman Film juga dilaksanakan," ujar Emil di Taman Dago, Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bandung, Kamis 28 September 2017.

Emil menuturkan, nobar tersebut bersifat imbauan bagi warga. Ia tidak memaksakan warga untuk mengikuti nobar film G30S/PKI tersebut.

"Jadi intinya siapa yang mau datang silahkan, yang tidak juga tidak masalah. Kita beri pilihan," lanjut Emil.

Emil mengatakan, warga harus mencermati dan tak melupakan sejarah yang telah terjadi sampai Indonesia berdiri kini. Tak terkecuali film G30S/PKI, meski tengah ramai diperbincangkan terkait keaslian jalan ceritanya.

"Untuk versinya saya enggak hafal, karena pihak TNI yang punya stok film itu. Menurut saya setiap sejarah perlu kita cermati, bahwa ada tafsir-tafsir ya silakan saja. Selama belum ada pembandingnya saya kira bisa lakukan yang ada, karena jangan sekali-kali melupakan sejarah," pungkas bakal calon gubernur Jawa Barat ini.


(SUR)