Perakit Bom Panci Sudah 4 Bulan Mengontrak di Buah Batu

Arga sumantri    •    Minggu, 09 Jul 2017 00:00 WIB
ledakan bom
Perakit Bom Panci Sudah 4 Bulan Mengontrak di Buah Batu
Ilustrasi -- Foto: MTVN/ Octavianus

Metrotvnews.com, Bandung: Bom panci milik AW meledak di rumah kontrakannya sore tadi. AW diketahui belum setahun mengontrak di rumah yang terletak di Kubang Bereum RT 7 RW 11, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Bandung itu.

"Pelaku sudah sekitar empat bulan mengontrak kamar," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi Metrotvnews.com, Sabtu 8 Juli 2017.

Yusri mengatakan, kontrakan yang ditempati AW diketahui milik warga bernama Epon. Warga sekitar mengenal AW sebagai penjual bakso goreng di wilayah Cidurian, Bandung.

AW ditangkap empat jam usai bom panci meledak di kamar kontrakannya. Dari lokasi kejadian, ditemukan panci berisi paku dan sejumlah rangkaian bom yang sudah meledak. AW disebut belajar merakit bom dari internet sejak 1 Juni 2017.

Hasil penyisiran ditemukan juga sejumlah paku ukuran 7 centimeter dan benang. Panci diketahui dibeli di Pasar Caringin. Bom panci itu rencananya diledakaan di tiga lokasi kawasan Bandung, yakni Kafe Bali di Jalan Braga, Rumah Makan Celengan di Astana Anyar, dan rumah ibadah di Buah Batu. Khusus di Kafe Bali, bom panci rencananya diledakan pada Jumat 16 Juli 2017 malam.

Hingga malam ini, polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara. AW juga masih diperiksa intensif polisi. Belum diketahui apakah AW masuk salah satu kelompok teroris.

 


(Des)