AW Dikenal Teman Satu Kontrakan Berkepribadian Tertutup

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Minggu, 09 Jul 2017 16:41 WIB
ledakan bom
AW Dikenal Teman Satu Kontrakan Berkepribadian Tertutup
Lorong menuju pintu kamar kontrakan AW Kampung Kubang Bereum, Kelurahan Sekejati, Kota Bandung. (Metrotvnews.com/Octavianus)

Metrotvnews.com, Bandung: AW, 21, tersangka perakit bom panci yang meledak di wilayah Kampung Kubang Bereum, Kelurahan Sekejati, Kota Bandung dikenal warga sekitar kontrakannya berkepribadian tertutup.

Warga Bungbulang Kabupaten Garut ini, diketahui berprofesi sebagai pedagang bakso gerobak keliling.

"Dia (AW) sudah empat bulan tinggal di sini, biasanya berjualan bakso. Saat azan Maghrib baru pulang ke kontrakan lalu ke masjid dekat sini," ungkap Taufik Ridwan, 34, tetangga sebelah kamar tersangka kepada Metrotvnews.com, Minggu 9 Juni 2017.

Baca: Perakit Bom Panci Mahasiswa Kampus Swasta Bandung

Taufik menuturkan, dirinya tidak menyangka AW menjadi tersangka merakit bom panci. Karena selama di kontrakan tidak pernah melihatnya mengerjakan kegiatan apapun.

"Dari dalam kamar dia juga, enggak pernah berisik tidak seperti anak muda yang lainnya," ucapnya.

Namun, Taufik menegaskan pintu kamar AW tidak pernah terbuka sedikitpun. AW di rumah maupun tidak, pintu tak pernah dibuka. "Selalu tertutup," tandasnya.

Saat ditanya, mengenai penangkapan AW dirinya menerangkan pria tersebut ditangkap sesaat setelah ledakan bom di kamar kontrakannya.

"Jadi setelah bom meledak, warga mencari dia untuk memberitahukan ada ledakan di kamarnya. Waktu diamankan juga tidak ada reaksi apapun hanya diam saja tidak ada raut ketakutan atau apapun," terangnya.

Pantauan di lokasi kejadian, rumah kontrakan yang terdiri dari lima kamar tersebut terletak di pinggir kali Cidurian. Kamar kontrakan AW terletak di bagian belakang rumah berukuran 1,5 kali dua meter yang saat ini telah diberi garis pembatas polisi.

Hingga pukul 15.34 WIB rumah kontrakan satu lantai bercat biru muda tersebut terlihat sepi, tidak ada aktivitas menonjol.



Bom panci meledak dari kamar kontrakan AW pada Sabtu, 8 Juli 2017. Kasus ini diambil alih Densus 88 Antiteror Mabes Polri. Tim Puslabfor Mabes dan Inafis Polda Jabar telah menggelar olah TKP.

Polisi menyita paku, mur, baut, bagian dalam alat penanak nasi, hingga buku harian AW. Pelaku belajar merakit bom dari internet. Sedianya, bom akan diledakkan ke beberapa tempat, namun keburu meledak duluan.


(SAN)