Jabar Sudah Berlakukan Samsat Online Sejak 2014

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 14 Sep 2017 13:51 WIB
pajak kendaraan
Jabar Sudah Berlakukan Samsat Online Sejak 2014
Warga sedang mengantre membayar pajak kendaraan di Samsat Kota Cirebon, Jawa Barat -- MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Sistem Samsat Online yang diberlakukan di tujuh provinsi di Indonesia, sebenarnya sudah lama diterapkan di Jawa Barat. Sejak 2014, warga Jabar bisa membayar pajak kendaraan melalui ATM maupun outlet yang telah disediakan.

"Program e-Samsat sudah diberlakukan di seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat," kata Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah wilayah Cirebon Roni, Kamis 14 September 2017.

Menurut Roni, warga bisa membayar pajak kendaraannya di berbagai wilayah dengan Samsat online. Seperti halnya Samsat di Cirebon, yang menerima pembayaran pajak kendaraan untuk wilayah Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan lainnya.

"Yang terpenting, KTP-nya sesuai dengan nama pada surat kendaraan," tutur Roni.

Namun, lanjut Roni, Samsat online tidak bisa digunakan membayar pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK lima tahunan. Sebab, pajak lima tahunan selain membayar, ada juga sejumlah pemeriksaan lainnya.

"Kalau yang lima tahunan, hanya bisa di Samsat Induk saja," kata Roni.

Junaedi, 35, warga Cirbeon, mengaku, sangat terbantu dengan adanya Samsat online. Ia jadi bisa membayar pajak dari mana pun. Tapi, ia masih belum mengerti cara membayar pajak kendaraan dengan mesin ATM.

"Saya masih membayar lewat outlet. Untuk pembayaran lewat online, saya masih belum paham," kata Junaedi.


(NIN)