1.700 Polisi Kawal Asian Games di Bekasi

Antonio    •    Minggu, 05 Aug 2018 13:26 WIB
asian games
1.700 Polisi Kawal Asian Games di Bekasi
Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Indarto di Bekasi, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Bekasi: Sebanyak 1.700 personel kepolisian dan TNI akan diterjunkan untuk pengamanan Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Indarto mengatakan, ribuan personel itu akan bersiaga di stadion selama pertandingan berlangsung.

"Pada saat tidak ada (pertandingan) 100 personel (yang bertugas). Di jalan raya, jaga hotel dengan pos, dan sepuluh orang setiap satu kontingen," kata Indarto di Bekasi, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Indarto menjelaskan, dari 23 tribun di Stadion Patriot Candrabaga, masing-masing tribun akan dijaga 20 orang anggota kepolisian.

Tugasnya, melakukan pengamanan di tribun apabila terjadi gangguan dan huru-hara yang berasal dari tribun penonton. Misalnya, pengamanan ketika ada penonton yang bermain laser ke arah pemain maupun adanya penonton yang bergerak masuk ke lapangan.

Selain di tribun, juga ada 40 personel kepolisian yang melakukan penjagaan di sekitar lapangan yang disebut tim tirai. Mereka akan melakukan penjagaan di bawah tribun, sejajar dengan lapangan.

Indarto menambahkan, untuk mendukung pengamanan di tribun, pihaknya telah berkoordinasi dengan Inasgoc untuk pembuatan penunjuk arah keluar darurat (emergency exit) di setiap tribun.

"Kalau gelap, petugas nanti bawa senter, memberitahukan. Ketika listrik disabotase tetap ada penunjuk arah keluar yang menyala (glow ini the dark) selama beberapa menit atau paling nggak satu jam, nah ini akan dipersiapkan Inasgoc," pungkas Indarto.

Diketahui bahwa akan ada dua grup pertandingan sepak bola dalam Asian Games 2018 yang akan bertanding di Stadion Patriot Candrabaga.

Di antaranya Grup A dan B. Grup A terdiri dari Indonesia, Hongkong, Laos, Palestina dan Taiwan, dan Grup B yakni Thailand, Uzbekistan, Bangladesh dan Qatar.


(DEN)