Sambut Asian Games, Polda Jabar Latih Anggotanya Terampil Bahasa Inggris

P Aditya Prakasa    •    Minggu, 05 Aug 2018 14:11 WIB
asian games 2018
Sambut Asian Games, Polda Jabar Latih Anggotanya Terampil Bahasa Inggris
Ilustrasi prajurit Polri melakukan senam Poco-poco massal pada acara Harmoni Indonesia di kawasan Dago, Jawa Barat, Minggu (5/8). ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Bandung: Polda Jawa Barat melatih sekitar 1000 personel nya untuk lebih terampil dalam berbahasa inggris. Pelatihan tersebut bertujuan menyukseskan pagelaran Asian Games 2018.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan, nantinya sejumlah polisi akan mengawal atlet luar negeri yang beraktivitas di venue maupun hotel.

"Percakapan yang mudah, ditanya misalnya nanya alamat kantor polisi, di mana rumah sakit, harus bisa menjawab," kata Agung di Bandung, Minggu, 5 Agustus 2018

Agung menjelaskan, Polda Jawa Barat akan menerjunkan 10.200 perswonelnya untuk mengawal Asian Games. Menurut Agung, Polri juga akan dibantu dengan TNI dan instansi terkait lainnya.

Jumlah personel tersebut bakal di siapakan khusus pengamanan Asian Games baik di jalur, hotel hingga venue di Jawa Barat.

Seperti diketahui, lima cabang olah raga yang akan dipertandingkan di Jawa Barat, yaitu sepak bola, akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Patriot Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti Kabupaten Bekasi, dan Stadion Pakansari Kabupaten Bogor.

Kemudian untuk cabang olahraga paralayang, akan digelar di Gunung Mas Puncak Kabupaten Bogor, kano slalom di Bendung Bentang Kabupaten Majalengka, sepeda gunung dan balap sepeda akan dilaksanakan di Kabupaten Subang.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan mengatakan, untuk kesiapan Asian Games telah mencapai 99 persen. Pihaknya pun akan kembali memantau perkembangan kesipan venue hingga tahap akhir.

"Untuk satu persennya, jalan-jalan, gorong-gorong yang belum dipasang. Titiknya ada di Subang dan Puncak," kata Iriawan, saat di temui di kegiatan Harmoni Indonesia 2018 di kawasan car free day Bandung.


(DEN)