Pembangunan Tahap I UIII Dianggarkan Rp700 Miliar

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 05 Jun 2018 13:34 WIB
pendidikan
Pembangunan Tahap I UIII Dianggarkan Rp700 Miliar
Presiden Joko Widodo (tengah), Wakil Presiden Jusuf Kallan (kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meletakkan batu pertama kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok, Jawa Barat. Medcom.id/Octavinus Dwi Sutrisno

Depok: Presiden RI Joko Widodo mengatakan anggaran pertama untuk pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sebesar Rp700 miliar. Seluruh kampus UIII diperkirakan rampung dalam empat tahun.

"Tapi tahun depan Insyaallah sudah bisa kita gunakan untuk satu, dua, tiga mata kuliah. Sudah kita siapkan," kata Jokowi, di lokasi peletakan Batu Pertama Kampus UIII, Cimanggis, Depok, Jawa Barat Selasa 2018.

Pembangunan universitas Islam tersebut masuk dalam proyek strategis nasional. Total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp3,5 triliun.

"Sudah saya masukan ke dalam proyek strategis nasional," kelakarnya.

Baca: Jokowi-JK Letakkan Batu Pertama Kampus UIII

Presiden RI berharap UIII bisa menjadi pusat kajian dan penelitian demi kemajuan peradaban Islam dunia. Terutama bagi Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Karena kita dikenal di dunia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, sudah sewajarnya, sudah sepantasnya, dan sepatutnya Indonesia menjadi rujukan bagi kemajuan peradaban Islam di dunia. Inilah nanti tempatnya," katanya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut proyek kampus UIII dibangun sesuai Perpres Nomor 27 Tahun 2015.

"Kenapa kita harus membangun universitas Islam terbesar di Indonesia, kami merujuk dari pernyataan presiden, pembuatan kampus ini untuk meneguhkan dunia Islam di internasional," paparnya.

Lukman menegaskan, ada dua program yang paling utama di bentuk untuk kampus tersebut yaitu magister (S2) dan doktoral (S3). Berbeda dengan kampus Islam yang sudah ada, UII dimaksudkan sebagai upaya peningkatan peradaban Islam Indonesia dan global dalam bidang pendidikan.

Baca: UIII Memiliki Tujuh Fakultas


(SUR)