Dua Pencuri Motor Kambuhan Bekasi Ditangkap

Antonio    •    Selasa, 03 Jul 2018 18:51 WIB
pencurian
Dua Pencuri Motor Kambuhan Bekasi Ditangkap
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto sedang berbincang dengan korban saat mengecek barang bukti motor yang diamankan. Medcom.id/Antonio

Bekasi: ES, 25, dan MI, 19, dua pelaku pencurian kendaraan bermotor di Kota Bekasi ditangkap petugas Polres Metro Bekasi Kota. Mereka sudah beraksi selama satu tahun dan mencuri 34 sepeda motor di Bekasi.

Keduanya ditangkap di rumah kontrakan yang berada di Jalan Swadaya 2 RT 03 RW 02 Bantar Gebang, Kota Bekasi, Senin, 2 Juli 2018. Salah satu pelaku ditembak di kaki kiri saat mencoba melawan dan melarikan diri.

"Satu orang joki sedang DPO (Daftar Pencarian Orang), masih kita buru," kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto di Bekasi.

Tiga pelaku mencari sasaran secara acak. Mereka berkeliling menggunakan sepeda motor ke tempat parkir dan perumahan.

Di perumahan, mereka menyasar kendaraan di luar rumah maupun di dalam rumah namun masih terlihat.

Tiga orang itu memiliki peran berbeda. Ada yang bertugas mengamati suasana, joki, dan juga eksekutor pencurian. Mereka tidak melakukan kekerasan dalam beraksi.

"Ketika dia melihat ada sasaran yang menurut dia mudah untuk diambil, dia akan berhenti, membuka gembok lalu mengambil sepeda motornya dengan letter T," ujarnya.

Satu unit sepeda motor hasil curian dijual dengan harga Rp1,5 juta. Uangnya dibagi  rata kepada tiga orang pelaku termasuk joki yang masih DPO.

"Pola penjualannya dia memakai medsos. Jadi di-publish di Facebook dia, siapa yang mau beli baru kontak (menghubungi)," paparnya.

Kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya dua unit telepon seluler, empat buah pelat nomor, tujuh unit sepeda motor, kunci letter T, kunci pass, obeng dan kunci inggris.

Selain kedua orang pelaku curanmor, polisi juga menangkap satu orang penadah berinisial A alias Kilay di bengkel sepeda motor di Rawalumbu, Kota Bekasi, Selasa, 3 Juli 2018, dini hari.

ES dan MI dijerat Pasal 363 KUH Pidana Tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Sedangkan A alias Kilay yang merupakan penadah dikenakan Pasal 480 KUHPidana Tentang Penadah dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.


(SUR)