Perusahaan AS Ambil Empat Objek yang Jatuh di Sumenep

Roni Kurniawan    •    Jumat, 07 Oct 2016 16:40 WIB
pesawat jatuh
Perusahaan AS Ambil Empat Objek yang Jatuh di Sumenep
Director comercial sales SpaceX saat melihat bongkahan dari roket Falcon 9 di Kantor LAPAN, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Empat objek yang jatuh di Sumenep, Jawa Timur, akan diserahkan ke perusahaan transportasi luar angkasa Amerika Serikat, SpaceX. Empat objek tersebut merupakan bagian dari roket Falcon 9 R/B milik Space X.

"Akan diserahterimakan hari ini dan melalui jalur diplomatik antarnegara," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djalaludin di ruang kerjanya di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/10/2016).

SpaceX juga tak akan memberikan ganti rugi pada warga yang menjadi kandangnya tertimpa sampah antariksa tersebut. Padahal, kandang sapi milik warga Sumenep itu hancur.

"Bisa diklaim, tapi prosedurnya akan rumit, karena ini bisa ditangani secara lokal oleh aparat setempat jadi tidak ada klaim," tuturnya.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto, Polres Sumenep akan membantu membangun kembali kandang sapi itu. Namun Jasyanto tidak mengetahui nilai kerugian warga.

"Kemarin Polres Sumenep sudah membantu memperbaiki rumah warga yang rusak. Itu informasi yang kita dapat di lapangan," lanjut Jasyanto.

Director Comercial Sales SpaceX, Ryan Wiltshire, bertugas mengambil tiga tabung bahan bakar dan satu panel terminal power itu. Namun Ryan enggan memberikan keterangan pada awak media.

Pada 26 September, warga Desa Lombang, Sumenep, geger lantaran sebuah benda jatuh menimpa sebuah kandang sapi. Benda tersebut berbentuk tabung dan berwarna hitam.

Baca: Polres Sumenep Identifikasi Empat Benda Jatuh dari Angkasa

Bukan hanya satu, tapi empat benda yang jatuh di wilayah Sumenep. Polres Sumenep mengamankan dan menyelidiki empat benda tersebut.

Semula isu yang berkembang menyebutkan empat objek itu bagian dari pesawat yang jatuh di Sumenep. Namun otoritas Bandara Trunojoyo memastikan benda-benda itu bukan bagian dari pesawat. Otoritas bandara pun menegaskan tak ada pesawat jatuh di wilayah tersebut.


(RRN)