Dianggap Biang Banjir, Pemkot Bandung Bongkar Jembatan

Roni Kurniawan    •    Selasa, 15 Nov 2016 11:37 WIB
banjir pasteur bandung
Dianggap Biang Banjir, Pemkot Bandung Bongkar Jembatan
Petugas Dinas Bina Marga dan Pengairan membongkar jembatan penghubung Gang Sereh-Jalan Pagarsih, Kota Bandung, Jabar, Selasa (15/11/2016). (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat membongkar jembatan beton di kawasan Jalan Pagarsih, Desa Jamika, Kecamatan Bojongloa, Selasa, 15 November. Jembatan itu disebut-sebut menjadi salah satu pemicu banjir di kawasan tersebut.

Jembatan yang dibongkar merupakan akses warga di Gang Sereh. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang meninjau menyebut pembongkaran telah didahului kajian tim peneliti dari Institut Teknologi Bandung. 

Baca: Banjir Pagarsih Bandung Seret Mobil Sejauh 1,5 Km

Emil mengatakan, jembatan beton tersebut menyebabkan air tidak mengalir 100 persen. Akibatnya, air meluap ke jalan saat intensitas hujan tinggi. 

"Oleh tim ahli dari ITB ditemukan penyebab banjir Pagarsih, yaitu ada bangunan yang mengambil jalan masuk air, termasuk jembatan ini," ujar pria yang akrab disapa Emil di sela-sela proses pembongkaran.

Emil mengaku pihaknya telah mengidentifikasi bangunan yang menghambat laju air. Pemkot Bandung akan menghancurkan bangunan yang menutup akses air.

Hanya, Emil enggan membeberkan data pasti jumlah bangunan yang akan dibongkar. "Kami sudah sebarkan surat edaran kepada seluruh warga Bandung yang akses rumahnya atau propertinya masih menggunakan beton di atas gorong-gorong untuk dibongkar," pungkasnya.

Baca: Banjir kembali Menerjang Pasteur dan Pagarsih Bandung

Kawasan Pagarsih dan Pasteur, Kota Bandung dilanda beberapa kali banjir sejak akhir Oktober hingga November. Buruknya drainase dituding jadi penyebab utama.


(SAN)