Tanaman Langka Mirip Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun Warga

Mulvi Muhammad Noor    •    Sabtu, 05 Nov 2016 15:43 WIB
bunga langka
Tanaman Langka Mirip Bunga Bangkai Tumbuh di Kebun Warga
?Tanaman langka mirip bunga bangkai tumbuh di Kampung Situ Pete RT 1/7, Kelurahan Sukadamai, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto: Metrotvnews.com/Mulvi

Metrotvnews.com, Bogor: Setangkai tanaman langka mirip bunga bangkai tumbuh di lahan kosong dekat kebun milik warga di Kampung Situ Pete RT 1/7, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat. Peristiwa ini sempat membuat heboh warga kampung sekitar. 

Bunga langka tersebut memiliki ukuran diameter sekitar 25 sentimeter dan tinggi 35 sentimeter, berwarna merah gelap di bagian tengah. Dilihat dari kelopaknya yang masih sedikit tertutup, bunga langka ini nampaknya belum mekar sempurna. 

Menurut pemilik lahan sekaligus ketua RT setempat, Majid, 55, bunga langka pertama kali diketahui keberadaannya pada Senin sore sekitar pukul 04.39 WIB. Saat ditemukan, hanya berbentuk bulat dan berukuran lebih kecil dari sekaran. 

"Awalnya hanya terlihat bulat saja, tapi ke sini-sini ternyata tumbuh," kata Majid di lokasi temuan bunga langka, Sabtu (5/11/2016). 

Sepintas, bunga tersebut memiliki perawakan seperti bunga bangkai atau yang dikenal dengan nama latin amorphophalus. Hanya saja bau bangkai yang keluar tidak terlalu menyengat, seperti yang biasa ditimbulkan bunga bangkai. 

Khawatir ada yang merusak, Majid kemudian membuat pembatas tali di sekeliling tempat bunga tumbuh juga tulisan peringatan. Tujuannya, agar warga yang melihat tidak memegang sehingga menyebabkan bunga langka tersebut rusak. 

"Ini baru pertama kali terjadi di kampung ini. Sayang kalau rusak, makanya saya minta warga tidak pegang," kata dia.


(UWA)