Datangi Lokasi Demo, Bupati Purwakarta Berdialog dengan Ribuan Buruh

Reza Sunarya    •    Kamis, 17 Nov 2016 15:10 WIB
purwakarta ads
Datangi Lokasi Demo, Bupati Purwakarta Berdialog dengan Ribuan Buruh
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mendengarkan aspirasi para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (Foto:Reza Sunarya)

Metrotvnews.com, Purwakarta: Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meluangkan waktu menemui sekitar 4 ribu buruh yang tergabung dalam FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia).

Bupati yang akrab disapa Kang Dedi itu sengaja menemui para buruh agar mengurungkan niat mereka melakukan aksi long march dalam upaya menuntut kenaikan upah. Selain melakukan dialog dengan perwakilan buruh di bawah pohon rindang, Kang Dedi Juga membawa 2 ribu nasi bungkus untuk para buruh.

Kang Dedi mendatangi langsung lokasi demo buruh di Kawasan Kota Bukit Indah, Purwakarta, Kamis (17/11/2016). "Saya sengaja datang agar tidak long march dan bikin macet. Kasihan tukang angkot, ojek. Mereka tidak naik gaji, tapi dibikin macet. Mereka juga butuh makan," kata Kang Dedi.

Di hadapan ribuan buruh, Kang  Dedi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mencari format. Sebab, jika dirinya mengirim surat kepada Gubernur dengan isi yang menyalahi PP, maka surat akan dikembalikan. Kang Dedi berjanji akan melobi pengusaha agar keluar kesepakatan upah.


(Foto:Reza Sunarya)

"Saya tidak boleh menyalahi aturan. Kalau menyalahi, saya bisa ditegur. Kalau tiga kali ditegur, maka saya akan diberhentikan," ucap Kang Dedi lugas.

Terkait aksi yang digelar hari ini, Ketua Pimpinan Serikat Pekerja Otomotif Mesin dan Komponen FSPMI, Ade Supyani, mengatakan bahwa upah buruh di sektor alas kaki saat ini berada di angka Rp2,3 juta. Jika dimasukkan dalam UMK, maka gaji sektor tersebut akan sesuai dengan UMK yang berlaku.

UMK Purwakarta sebesar Rp2.927.000. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, UMK naik 8,25 persen. Dengan kenaikan tersebut, maka UMK Purwakarta menjadi Rp3.157.000.


(ROS)