Emil: Pemimpin yang Baik Melahirkan Pemimpin Baru

Jaenal Mutakin, Roni Kurniawan    •    Minggu, 19 Mar 2017 11:26 WIB
pilkada jabar
Emil: Pemimpin yang Baik Melahirkan Pemimpin Baru
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketum NasDem Surya Paloh saat deklarasi dukungan Partai NasDem pada Ridwan Kamil untuk Pilgub Jabar 2018 di Tegalega, Bandung, Minggu, 19 Maret 2017. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Pemimpin pada era sekarang punya dua tugas utama. Yakni, membawa perubahan dan mengakselerasi kemajuan. Masyarakat perlu pemimpin yang bekerja nyata, bukan pemimpin yang bekerja dengan pencitraan.

"Karena itu, tugas pemimpin adalah membawa perubahan, dari tadinya tidak ada jadi ada. Mengakselerasi kemajuan, dari lambat jadi cepat atau lompat," demikian pidato Ridwan Kamil dalam Deklarasi Dukungan Partai NasDem pada Pilgub Jabar 2018 di kawasan Tegalega, Bandung, Minggu, 19 Maret 2017.

Wali Kota Bandung ini juga menyebut ciri pola kepemimpinan yang baik. Yakni, pemimpin yang bisa melahirkan pemimpin-pemimpin baru.

"Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih pada NasDem memberi dukungan pada saya tanpa mahar, tanpa syarat apapun," katanya disambut riuh ribuan warga.

Sebagai seorang pemimpin, Emil menyebut dirinya tidak pernah punya cita-cita untuk mendapatkan penghargaan. Menurutnya, dia melakukan tugasnya didasari rasa cinta pada warga. 

Karena itu, selama 3,5 tahun menjadi Wali Kota Bandung, Emil mengaku tak pernah bersaing dengan kepala daerah lain. Malah, dia telah menghibahkan aplikasi Smartcity ke 400 daerah lain di Indonesia. 

"Ini (aplikasi Smartcity) kita bagikan karena bukan kompetisi. Sekarang, saatnya kolaborasi untuk NKRI," katanya.




(SAN)