20 Sepeda Motor di Bandung 'Ditilang' CCTV

Roni Kurniawan    •    Rabu, 04 Oct 2017 12:52 WIB
lalu lintas
20 Sepeda Motor di Bandung 'Ditilang' CCTV
Petugas di ruang kontrol tilang CCTV, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Polrestabes Bandung, Jawa Barat, menerapkan penilangan dengan CCTV di sejumlah jalan. Di hari pertama pemberlakuan aturan, Rabu 4 Oktober 2017, petugas menilang 20 pengendara roda dua.

Beberapa petugas memasuki sebuah ruang di TMC Mapolrestabes Bandung. Mereka duduk di posisi masing-masing. Mereka menghadap sejumlah layar. Layar tersebut terhubung dengan kamera CCTV untuk memantau kondisi lalu lintas di Kota Kembang.

Pantauan Metrotvnews.com, petugas memantau lalu lintas di Jalan Asia Afrika, Jalan Pasirkaliki, Jalan Pajajaran, dan Jalan Surya Sumantri. Melalui layar itu pula, petugas menemukan beberapa pengendara yang melanggar lalu lintas. Tindakan penilangan pun dilakukan.

"Sampai siang ini sudah ada 20 pelanggar yang kita beri tindakan berupa tilang," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo di TMC Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung.

Tindakan tilang, lanjut Hendro, bertujuan memberikan pelajaran bagi pengendara agar tak melanggar lalu lintas. Sehingga masyarakat dapat lebih tertib berlalu lintas.

"Jadi tilang itu tidak hanya berhadapan dengan polisi, tetapi juga dengan CCTV. Kami berharap masyarakat lebih disiplin dalam berlalu lintas," tandas Hendro.


(RRN)