Tarif Bus Premium dan Parkir Bekasi Turun 50 Persen

Antonio    •    Minggu, 18 Mar 2018 16:23 WIB
sistem ganjil genap
Tarif Bus Premium dan Parkir Bekasi Turun 50 Persen
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai pengumuman paket kebijakan baru. Foto: Medcom.id/Antonio

Bekasi: Pemerintah memangkas tarif Bus Premium TransJabodetabek dan parkir mulai Senin, 19 Maret 2018, sebagai pemberlakuan paket kebijakan untuk mengurai kemacetan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah menurunkan harga mencapai 50 persen. Supaya minat masyarakat untuk naik bus meningkat.

"Tarif bus dari Rp20 ribu kita jadikan Rp10 ribu. Kendaraan yang parkir di mal ini dan tempat lain yang kita sediakan dari Rp10 ribu menjadi Rp5 ribu," kata Budi di Bekasi, Minggu 18 Maret 2018.

Pelaksanaan paket kebijakan lama yang diterapkan pada Senin lalu, 12 Maret 2018, dinilai belum maksimal. Jumlah masyarakat yang beralih menggunakan bus baru mencapai 20 persen dari sekitar 2000. Selain itu, tingkat okupansi bus baru mencapai 30 persen dari yang disediakan.

"Kita ingin okupansi disini naik, okupansi bus naik, mal ini ramai, jadi lifestyle baru bahwasannya dari satu kota ke kota yang lain memang lebih bagus menggunakan bus daripada kendaraan pribadi," ujarnya.


(SUR)