Ridwan Kamil: Buruh Curhat Ingin Punya Rumah, bukan UMP

Roni Kurniawan    •    Senin, 05 Mar 2018 20:11 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil: Buruh <i>Curhat</i> Ingin Punya Rumah, bukan UMP
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung, Medcom.id - Roni Kurniawan

Bandung: Lebih dari dua pekan calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil blusukan ke berbagai daerah untuk berkampanye. Emil pun tak jarang mendengarkan curhat dari masyarakat termasuk kaum buruh.

Emil mengaku hasil safari politiknya ke sejumlah daerah di Jabar mayoritas masyarakat meminta untuk ditingkatkan kesejahteraan ekonomi. Bahkan Emil pun menyodorkan program pembangunan apartemen di kawasan pabrik sebagai salah satu upaya untuk menyeimbangkan perekonomian masyarakat.

"70 persen curhatan warga itu di ekonomi, ke buruh ternyata curhatnya bukan UMP tetapi bagaimana kami punya rumah. Maka kami ada program membangun apartemen di pabrik itu adalah solusi yang paling logis akan kita tawarkan," ungkap Emil di kawasan Cinambo, Kota Bandung, Senin 5 Maret 2018.

Emil menuturkan, pemukiman atau pembangunan apartemen di area pabrik bisa meringankan beban ekonomi masyarakat. Pasalnya, masyarakat tidak harus mengeluarkan ongkos besar untuk transportasi menuju tempat kerja.

"Sehingga rumah dan tempat kerjanya tidak terlalu jauh. Apa yang terjadi? Ongkos lebih murah, kebahagiaan lebih tinggi kalau kangen istri tinggal pulang lima menit. Bayangkan logika itu," ujar Emil.

Hal itu pun diakui Emil bisa dibangun di kawasan Pantai Utara (Pantura) Jabar yang didominasi oleh buruh pekerja pabrik. Bahkan Emil pembangunan sarana pendidikan, sosial serta kesehatan pun tidak dipungkiri bisa berada dalam area yang tidak jauh dari pabrik.

"Bisa memungkinkan di sepanjang Pantura karena kendala sekarang zona pabrik harus naik motor pindah ke rumahnya yang sangat jauh sehingga stress dan cost di jalan yang sangat mahal," pungkas Emil.



(RRN)