Distribusi Blangko KTP Elektronik di Jabar Aman

Jaenal Mutakin    •    Selasa, 24 Oct 2017 11:50 WIB
pelayanan e-ktpe-ktp
Distribusi Blangko KTP Elektronik di Jabar Aman
Ilustrasi KTP-el. Foto: Antara/Irwansyah Putra

Metrotvnews.com, Bandung: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jawa Barat, mengklaim pendistribusian blangko KTP elektronik tetap lancar. Blangko KTP-el diturunkan dari pusat bertahap.

"Distribusi sekarang (prosesnya) tidak lama dari pengajuan blangko. Namun, tidak sepenuhnya dikabulkan (sekaligus). Blangkonya diturunkan bertahap," ujar Dedi, saat ditemui Metrotvnews.com, di Kantor Disdukcapil, Provinsi Jabar, Jalan Cimbuleit, Bandung, Selasa 24, Oktober, 2017

Blangko KTP-el untuk kabupaten/kota disiapkan oleh Kementrian dalam negeri sesuai pesanan dari tingkat provinsi. Pemerintah provinsi tinggal mengambil ke pusat, dan kabupaten kota mengambil ke Disdukcapil Provinsi.

Pendistribusian ke daerah tidak mengalami kendala yang signifikan karena sudah dicetak oleh pemerintah pusat sesuai pesanan. Namun, pemerintah pusat dan provinsi meminta pemerintah kabupaten/kota segera memesan ketika blangko hampir habis.

"Proses pembuatan KTP elektronik bukan disengajakan lama karena dropping telat. Kami meminta di daerah yang sudah bisa direkam agar segera (pesan) dicetak," kata dia.

Disdukcapil lakukan jemput bola bagi warga yang belum melakukan perekaman. Salah satunya dengan menyediakan kendaraan pelayanan KTP-el.

Namun, Dedi mengakui masih ada daerah yang sulit untuk melakukan perekaman. Salah satunya Indramayu, karena mayoritas masyarakatnya bekerja di luar negeri dan tidak melakukan perekaman sebelum berangkat.

Ada 1,56 juta data yang yang menunggu konsolidasi dan verifikasi data di tingkat pusat. Verifikasi dilakukan untuk menghindari data ganda atau memiliki dua alamat.


(SUR)