Banjir Cirebon Tewaskan Tiga Orang

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 27 Feb 2018 11:13 WIB
banjirbencana banjir
Banjir Cirebon Tewaskan Tiga Orang
Ilustrasi: MTVN/Rakhmat Riyandi

Cirebon: Banjir besar melanda bagian Cirebon bagian timur pada Jumat, 23 Februari 2018, memakan tiga korban jiwa di Kecamatan Ciledug, Cirebon, Jawa Barat. Tiga warga yang meninggal dunia yaitu Tarilah, 43, warga Desa Ciledug Lor; Unel, 70, warga Jatiseeng; dan Encing, 40, warga Jatiseeng.

"Tiga korban meninggal ini yang datanya sudah kami terima. Semoga tidak ada lagi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Kusaeri, Selasa, 27 Februari 2018.
 
Tarilah sempat dievakuasi oleh petugas saat banjir menerjang tempat tinggalnya beberapa hari sebelum dia meninggal. Tarilah kembali ke rumahnya saat banjir tingga setinggi 30 sentimeter. Namun, Tarilah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia ketika banjir sudah surut.

(Baca: Seorang Warga Cirebon Ditemukan Tewas Setelah Banjir Surut)
 
Selain korban jiwa dari warga, BPBD Kabupaten Cirebon juga mencatat ratusan hewan ternak mati akibat bencana ini. Total kerugian belum dihitung.

"Untuk saat ini, ada 500 kambing dan sekitar seribu ayam yang mati akibat banjir. Jumlah ini masih belum keseluruhan," kata Kusaeri.
 
Bangkai-bangkai hewan ternak tersebut sudah dikubur massal oleh petugas. Kusaeri mengakui banjir kali ini terbesar yang pernah terjadi di wilayah Cirebon timur.
 
Banjir besar melanda Kabupaten Cirebon bagian timur karena Sungai Cisanggarung meluap. Kondisi ini diperparah jebolnya sejumlah tanggul. Ribuan rumah warga di lima kecamatan terendam hingga 2,5 meter.

(Baca: Ribuan Rumah di Cirebon Terendam Banjir 2,5 Meter)


(SUR)