Bongkar Bangunan Liar, Pemkot Bekasi Alokasikan Rp1,6 M

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 01 Nov 2016 05:01 WIB
bangunan liar
Bongkar Bangunan Liar, Pemkot Bekasi Alokasikan Rp1,6 M
Ilustrasi pembongkaran bangunan liar. (Foto: MI/Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Bekasi: Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengalokasikan dana sebesar Rp1,6 miliar untuk penertiban bangunan liar. Ada 24 rencana kegiatan pembongkaran yang terdiri dari ribuan bangunan di sepanjang tahun 2016.

"Realisasi pembongkaran sudah 70 persen," kata Kepala Seksi Pengawasan Pengendalian Pembongkaran Bangunan pada Dinas Tata Kota Bekasi, Bilang Nauli Harahap, di Bekasi, Senin (31/10/2016).

Dari anggaran tersebut,  sebesar Rp25 juta dialokasikan untuk biaya operasional Satpol PP, Polisi, TNI dan pihak terkait lainnya. Biaya operasional itu terdiri dari biaya pembelian makanan, minuman dan biaya transportasi.

Bangunan yang bakal dibongkar berlokasi di tepi saluran air maupun tanah negara. Kebanyakan bangunan itu disalahgunakan menjadi tempat usaha. "Jadi kami bongkar dalam rangka penataan kota," ujar dia.

Rencananya pembongkaran bakal dilakukan secara rutin. Untuk Selasa, Pemkot Bekasi akan membongkar sekitar 172 bangunan liar di Kelurahan Pekayon, Kecamatan Bekasi Selatan. Lahan itu nantinya dimanfaatkan untuk perluasan jalan irigasi dan normalisasi saluran air.

"Beberapa hari kedepan akan ada pembongkaran di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan terhadap rumah - rumah permanen bernilai miliaran Rupiah yang berdiri di atas tanah negara," tandas dia.



(SCI)