Warga Bandung Padati Kawasan Karnaval Peringatan KAA ke-63

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 28 Apr 2018 16:27 WIB
konferensi asia afrika
Warga Bandung Padati Kawasan Karnaval Peringatan KAA ke-63
Warga berfoto berlatarkan pasukan berkuda dari TNI AD Kavaleri dalam acara Karnaval Asia Afrika 2018 di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu 28 April 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Ribuan warga Bandung sangat antusias menyaksikan parade karnaval Asia Afrika sebagai puncak peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-63. Terik matahari menyelimuti Kota Bandung tak menyurutkan niat warga untuk menyaksikan karnaval tersebut di Jalan Asia Afrika, Sabtu, 28 April 2018.

Perayaan Karnaval Asia Afrika yang dimulai pukul 13.00 WIB menyedot perhatian warga Bandung bahkan wisatawan yang menginap di kawasan Asia Afrika.

Parade tersebut diawali dengan puluhan pasukan berkuda dari Batalion Kavaleri TNI AD berbaris rapi menelusuri kawasan Asia Afrika setelah dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Multi Kultural dari
Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty. Tak sedikit warga berswafoto bersama pasukan kuda tersebut.

"Ini kan jarang setahun sekali, jadi ingin diabadikan momennya," ujar salah seorang mojang Bandung, Indah Anggraeni di sela-sela acara karnaval Asia Afrika.

Hal senada pun diungkapkan Bambang Kuswara, salah seorang wisatawan asal Pekalongan, Jawa Tengah, yang menyaksikan karnaval tersebut dengan keluarga. Bambang mengaku baru tahun melihat karnaval di Bandung bersama kontingen dari Pekalongan untuk meriahkan peringatan KAA.

"Iya mas saya sama saudara-saudara yang sebagian jadi peserta. Baru tahun ini ikut, sekalian liburan di Bandung," kata Bambang ditempat yang sama.

Sementara itu, Esthy Reko Astuty menyebut karnaval Asia Afrika di Bandung telah menjadi agenda resmi tahunan yang masuk dalam program Pesona Indonesia.

"Karnaval Asia Afrika ini salah satu dari tujuh agenda  di Jawa Barat yang sudah menjadi agenda tetap. Karena Bandung merupakan kota kreatif, jadi ini ajang untuk memunculkan karya-karyanya," ujar Esthy dalam sambutan.

Karnaval Asia Afrika diikuti oleh 2.867 peserta dari 15 daerah di Indonesia dan 15 negara di dunia. Di antaranya Australia, India, Pakistan, Taiwan, Inggris, Madagaskar, Thailand, Vietnam, Uganda dan Korea Selatan.

 


(SUR)